Perkembangan TI Pengaruhi Karakter Anak

SANGGAU, insidepontianak.com – Teknologi informasi memiliki peran membangun karakter pelajar. Jika penerapannya salah dapat memberi efek negatif pada tumbuh kembang psikologi anak.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sanggau, Maskun mengatakan, perkembangan teknologi memberi tantangan baru bagi orang tua dan para guru.

Bacaan Lainnya

“Pengawasan orang tua menjadi sangat penting dalam membentuk karakter anak saat sudah berhubungan dengan teknologi,” kata Maskun, Minggu (6/10/2019).

Dapak negatif penggunaan teknologi informasi yang salah, adalah anak-anak sekarang lebih suka bekerja sendiri. Penggunaan telepon genggam menyebabkan anak kurang peduli pada lingkungan sekitar.

“Teknologi ini memiliki fungsi mendekatkan yang jauh. Tapi fakta yang dirasakan hari ini adalah sebaliknya, malah menjauhkan yang dekat. Ini tantangan kita ke depan.”

Maskun mencontohkan, saat anak duduk bersama di warung kopi atau kafe mereka sibuk dengan gadget masing-masing. Dia meminta orang tua mengawasi aktivitas anak di rumah.

“Harapan kami adalah kurikulum 2013 kekuatannya ada pada guru. Kami di Dikbud tidak bosan-bosan menyampaikan ini ke dewan guru. Harus kita carikan penanganannya. Tantangan kita tidak mudah, harus mampu menyesuaikan dengan era sekarang,” tandas Maskun. (ip/03)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *