Jadwal Pelantikan Presiden Mundur 6 Jam

MENPORA - Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers tentang penetapan Menpora sebagai tersangka korupsi, Kamis (19/9/2019). (Foto Setpres)

JAKARTA, insidepontianak.com – Jadwal pelantikan Presiden-Wakil Presiden RI, Minggu 20 Oktober 2019, diundur dari semula pukul 10.00 WIB menjadi pukul 16.00 WIB.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menjelaskan alasan pengunduran jadwal pelantikan tersebut. “Kami ingin agar saudara-saudara kita bisa beribadah paginya. Kami tidak ingin mengganggu masyarakat yang ingin car free day di jalan utama,” kata Bambang Soesatyo seperti dikutip dari cnbcindonesia.com.

Bacaan Lainnya

Menurut Bambang, sejumlah ruas jalan akan ditutup saat pelantikan untuk memberi akses kepada tamu-tamu negara sahabat yang hadir. “Jadi kalau (pelantikan) pagi, akan mengganggu masyarakat yang olahraga.”

Usulan memundurkan jadwal pelantikan itu sudah disetujui berbagai pihak. Bambang berharap tidak ada demo mahasiswa saat pelantikan. “Karena apabila ada gangguan demo, ini akan membuat image nama kita sebagai bangsa akan rusak di mata internasional.”

Tidak hanya dimundurkan, usul memajukan waktu pelantikan pernah diusulkan Ketua Umum relawan Projo, Budi Arie Setiadi. “Pak Jokowi mengusulkan agar bisa maju sehari (dari waktu resmi pelantikan pada 20 Oktober 2019),” ujarnya.

Usul itu disampaikan saat silaturahmi dengan sejumlah pegiat Projo di Istana Kepresidenan Jakarta, 4 Oktober 2019. Namun menurut Budi, tidak ada alasan khusus yang disertakan Presiden dalam keinginannya itu.

Komisioner KPU, Hasyim Asyari merespons usul dimajukannya jadwal pelantikan Joko Widodo-Ma’ruf Amin menjadi tanggal 19 Oktober 2019. “Tetap 20 Oktober 2019,” ujarnya.

Jadwal pelantikan kata Hasyim, tidak pernah berubah sejak pelaksanaan Pemilu Presiden langsung tahun 2004. “Pelantikan Presiden (tetap) 20 Okrober 2019, tanpa melihat jatuh pada hari apa,” kata Hasyim (ip/03)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *