banner 468x60

Polda Kalbar Tangani 99 Kasus Karhutla

  • Bagikan
Kebakaran hutan dan lahan.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Polda Kalimantan Barat menangani 99 kasus kebakaran hutan dan lahan. Tindak pidana ini melibatkan 64 perorangan dan 35 korporasi.

“Sampai saat ini ada 99 kasus karhutla yang diproses hukum. Diantaranya sebanyak 30 kasus masih dalam tahan penyelidikan, dan 65 kasus dalam tahap penyidikan,” kata Didi Haryono, saat menghadiri Focus Group Discussion di Pontianak, Selasa (8/10/2019).

Dari 65 kasus yang sudah masuk tahap penyidikan, sebanyak 27 kasus dalam proses sidik, 31 masuk tahap I, kemudian 6 lainya masuk tahap II.

“Untuk yang tahap I pengiriman berkas pada jaksa kemudian untuk yang masuk ke tahap II sudah proses mengirimkan berkas tersangka dan barang bukti,” kata Kapolda Didi Haryono, seperti dikutip antaranews.com.

Polisi telah menetapkan 72 tersangka kasus pidana kebakaran hutan dan lahan. Sebanyak 34 tersangka diantaranya sudah ditahan. “Opsi terakhir adalah penegakan hukum. Ketika upaya-upaya pencegahan dan pendeteksian tidak diindahkan, jalan ini (penegakan hukum) harus kita lakukan.”

Gubernur Kalbar, Sutarmijdi menegaskan bahwa kebakaran hutan dan lahan bukan hanya disebabkan masyarakat, tapi bisa juga ada oknum-oknum yang sengaja membakar lahan.

Gubernur berharap, kasus karhutla tidak lagi menjadi masalah besar di Kalbar. “Jangan sampai investasi yang sudah kita lakukan menjadi masalah ke depan. Hindari hal-hal yang curang. Kelola lahan itu dengan hati, jangan nafsu. Jangan hanya mementingkan kepentingan perusahaan, tapi juga pentingkan masyarakat,” katanya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: