Sebanyak 23.616 Warga Kuburaya Terdaftar Bantuan Pangan Non-Tunai

Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, meluncurkan program bantuan pangan non-tunai (antaranews.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, meluncurkan program bantuan pangan non-tunai (BPNT). Sebanyak 23.616 keluarga menerima manfaat program bantuan ini.

“BPNT adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat setiap bulan. Bantuan senilai Rp 110 ribu per bulannya itu diberikan melalui mekanisme akun elektronik,” kata Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo di Sungai Ambawang, Selasa (8/10/2019).

Bacaan Lainnya

Menurut Sujiwo, melalui mekanisme itu KPM dapat membeli pangan seperti beras atau telur di warung elektronik (e-warung) maupun warung tradisional yang bekerja sama dengan Bank BNI dan Perum Bulog.

“BPNT merupakan transformasi program subsidi beras sejahtera (rastra). Program ini bertujuan meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran terkait pelaksanaan program subsidi beras sejahtera,” ujar Sujiwo seperti dikutip antaranews.com.

Bantuan pangan non tunai diharapkan dapat menekan potensi penyelewengan dalam penyaluran bantuan kepada masyarakat. Seluruh perangkat yang terlibat diminta bersinergi demi kesuksesan program ini.

“BPNT bertujuan agar bantuan tepat sasaran. Tidak terjadi penyelewengan seperti kolusi. Misalnya ada oknum yang memberikan data sembarangan atau mungkin menyalurkan bantuan kepada yang tidak berhak.”

Wakil Bupati berharap program ini langsung ditindaklanjuti di lapangan. Dia meminta para camat melakukan sosialisasi agar masyarakat cepat menyesuaikan diri.

“Ini zaman digital dengan perubahan yang cepat. Sehingga mau tidak mau camat dan kades harus terus memberikan motivasi dan edukasi kepada masyarakat. Masyarakat harus sudah mulai melek teknologi informasi dan komunikasi,” ujar Sujiwo.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *