Pemkab Kuburaya Matangkan Rencana Pilkades Serentak

Rapat perencanaan pilkades serentak di Kabupaten Kuburaya. (insidepontianak)

KUBURAYA, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Kuburaya mematangkan proses pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2019. Pendistribusian logistik dan antisipasi konflik menjadi pusat perhatian.

Hal itu terungkap dalam rapat evaluasi pelaksanaan pilkades serentak yang dilaksanakan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Kuburaya, Rabu (9/10/2019).

Bacaan Lainnya

Rapat dipimpin Bupati Kuburaya, Muda Mahendrawan didampingi Sekretaris Daerah Yusran Anizam. Bupati mengatakan pemilihan kepala desa yang akan digelar tahun ini merupakan pilkades serentak pertama.

Pilkades akan digelar di 65 desa di 9 kecamatan se-Kuburaya. Jumlah itu lebih dari separo jumlah total desa di Kabupaten Kuburaya yang mencapai 123 desa.

“Titik rintangan di setiap pelaksanaan pilkades serentak perlu diwaspadai. Dalam hal ini Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) perlu memahami dinamika yang akan terjadi,” kata Bupati Muda Mahendrawan.

Bupati meminta para camat memantapkan komunikasi dengan PPKD. Dia menyebut ada sejumlah dinamika di masyarakat yang menjadi titik krusial pelaksanaan pilkades. Rapat evaluasi menjadi penegasan untuk memastikan pelaksanaan pilkades berjalan aman dan lancar.

“Jangan akhirnya terkesan pemerintah daerah tidak profesional dan membiarkan hal-hal yang bergejolak di lapangan,” ujar Muda.

Bupati menilai proses persyaratan calon sangat penting. Konflik sering terjadi sejak saat proses persyaratan pencalonan. Dia mengingatkan jajaran pemerintah daerah agar tegas sehingga mencegah munculnya masalah.

“Segera lakukan pemetaan masalah pendistribusian logistik pilkades. Jangan sampai ada warga yang tidak bisa memilih.” (ip/03)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *