Senggayong Sukadana Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya

SUKADANA, insidepontianak.com – Kesenian musik bambu, Senggayong Sukadana ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) Nasional. Musik bambu ini adalah kesenian asli masyarakat Kayong Utara.

Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengaku bersyukur kesenian musik daerahnya diakui secara nasional. “Mudah-mudahan tahun depan ada lagi dari Kayong Utara yang akan ditetapkan menjadi WBTB Nasional,” kata Bupati saat penyerahan sertifikat warisan budaya di Istora Senayan Jakarta.

Bacaan Lainnya

Penyerahan sertifikat ini dihadiri  Menteri Dalam Negeri, Cahyo Kumolo dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendi. Acara digelar bersamaan dengan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN).

Salah satu resolusi Kongres Kebudayaan Nasional tahun 2018 adalah menyediakan ruang bagi keberagaman ekspresi budaya, serta mendorong interaksi budaya untuk memperkuat kebudayaan yang inklusif.

Pekan Kebudayaan Nasional yang mengambil tema Ruang Bersama Indonesia Bahagia, berlangsung 7-13 Oktober 2019. Terdapat 5 aktivitas utama yang dapat dinikmati publik secara gratis, diantaranya kompetisi permainan rakyat, pameran pemajuan kebudayaan, dan pagelaran karya budaya.

Bupati Kayong Utara hadir bersama Kepala Dinas Pendidikan, Ismail, Kepala Bagian Humas dan Protokol, Jumadi, serta Kepala Bidang Kebudayaan Rahadi. (ip/03)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *