Paham Bela Negara Penting untuk Pemuda di Perbatasan Negara

Satgas TMMD Putussibau, Kapuas Hulu beri materi bela negara untuk pelajar di daerah perbatasan (Dok. Kodim Putussibau)

PUTUSSIBAU, insidepontianak.com – Sebanyak 50 pelajar SMA di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia, Kecamatan Embaloh Hulu, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mendapat materi bela negara dari Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) reguler 2019.

“Materi bela negara penting ditanamkan sejak dini dan generasi muda harus tahu,” kata Komandan Kodim 1206 Putussibau, melalui Komandan Daerah Rayon Militer Embaloh Hulu, Kapten Inf Paryanta, Selasa (15/10/2019).

Bacaan Lainnya

Paryanta mengatakan generasi muda di perbatasan harus tetap menjaga persatuan dan memiliki jiwa patriotisme. Menjaga kearifan lokal dan membentengi diri dengan wawasan kebangsaan, penting sebagai penangkal pengaruh budaya luar.

“Jangan sampai generasi kita rusak oleh budaya luar. Seperti terjebak dalam pergaulan bebas, penyalahgunaan narkotika, dan pengaruh minuman keras,” kata Paryanta.

Dia juga mengingatkan, perkembangan teknologi berdampak terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Terutama penyebaran berita bohong yang bermaksud memprovokasi.

“Anak muda jangan mau dipecah belah oleh isu yang berkembang. Persatuan dan kesatuan harus tetap dijaga.”

Sosialisasi bela negara tersebut sebagai bagian dari kegiatan non fisik TMMD di Embaloh Hulu. Kegiatan ini juga dibantu anggota kepolisian yang juga memberikan pemahaman wawasan kebangsaan. (sumber antaranews.com)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *