Dikebut, Perbaikan Jembatan Kapuas II Sudah 50 Persen

Foto: antaranews.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Perbaikan Jembatan Kapuas II sudah separo jalan. Pekerjaan dipercepat agar tidak terlalu lama mengganggu arus lalu lintas kendaraan yang melintasi jembatan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat, Manto Saidi mengatakan perbaikan Jembatan Kapuas II di Kabupaten Kuburaya sudah selesai 50 persen. “Dari 42 batang ikatan angin jembatan yang harus diganti, hingga hari ini sudah 28 batang terpasang,” kata Manto di Pontianak, Kamis (17/10/2019).

Bacaan Lainnya

Dengan proses pengerjaan yang terbilang cepat, perbaikan jembatan kemungkinan bisa selesai lebih cepat dari waktu yang direncanakan. “Rencana awal waktu pengerjaan perbaikan 13 Oktober sampai 1 November 2019. Namun dengan proses ini kemungkinan bisa dipercepat menjadi 7 hari saja,” ujar Manto.

Menurut Manto, kendala perbaikan jembatan selama ini hanya jika turun hujan. “Sehingga ada satu malam yang tidak bisa bekerja karena hujan. Dalam kondisi seperti itu, akses jembatan kami buka.”

Untuk keperluan perbaikan, lalu lintas yang melalui Jembatan Kapuas II diberlakukan sistem buka-tutup. Pada awal pengerjaan, jembatan dibuka pukul 00.00-12.00 dan ditutup pukul 12.00-24.00. Penutupan ini menyebabkan kemacetan parah di Kota Pontianak dan Kuburaya.

Mulai 14 Oktober 2019, jadwal buka-tutup jalan diubah. Jembatan dibuka-tutup setiap 5 jam sekali dari pukul 05.00 hingga 22.00. Selepas pukul 22.00 jembatan ditutup total dengan asumsi tidak banyak kendaraan yang lewat.

“Sejak perubahan jadwal itu alhamdulillah kondisi lalu lintas hingga kini lancar dan terkendali. Semoga ini lancar sampai selesai pengerjaannya,” kata Manto. (sumber antaranews.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *