Kapolda: Etnis yang Harmonis Adalah Kekuatan Kalbar

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kapolda Irjen Pol Didi Haryono menghadiri Silaturahim Budaya dan Fokus Grup Discusion komunitas paguyuban etnis di Kalimantan Barat. Kegiatan yang diadakan setiap bulan ini bertujuan mempererat tali silaturahim.

Acara dibuka dengan tarian adat Papua. Paguyuban etnis di Kalimantan Barat berkumpul di Rumah Adat Melayu Pontianak, Kamis (17/10).

Bacaan Lainnya

Terdata ada 22 paguyuban etnis hadir dalam acara bertema “Dengan Semangat Sumpah Pemuda, Kita Rawat Kebersamaan Guna Memelihara Kebhinekaan di Bumi Khatulistiwa”.

Hadir dalam kegiatan, Kapolda Didi Haryono, Asisten II Bidang Sosial Budaya Provinsi Kalbar, Rektor Universitas Tanjungpura Prof Garuda Wiko, Danlanud Supadio, Marsma TNI Palito Sitorus, Danlantamal, dan Ketua Majelis Adat Budaya Melayu di Kalbar, Prof Dr H Chairil Effendy.

Chairil Effendy yang membuka acara mengatakan, Kalbar merupakan satu- satunya provinsi yang setiap bulan mengadakan pertemuan paguyuban etnis. Diskusi dan dialog antar etnis harus dilakukan untuk menjaga kerukunan.

Didi Haryono mengatakan, Indonesia terdiri dari 1.340 suku dengan 742 bahasa daerah. Perbedaan itu kemudiaan disatukan melalui Sumpah Pemuda.

“Tekad inilah yang mengantar ke pencapaian tonggak sejarah, bersatu memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945,” kata Kapolda.

Kalimantan Barat adalah provinsi terluas ke-4 di Indonesia. Lebih luas dari keseluruhan Pulau Jawa dan Bali. Keberagaman yang dimiliki Kalbar harus terus dijaga.

Kerharmonisan masyarakat menyebabkan Kalbar dapat mengatasi masalah-masalah, termasuk kebakaran hutan dan lahan. “Dalam menghadapi karhutla banyak satuan tugas dibentuk. Salah satunya ‘satgas doa’.

Satgas ini kata Didi terdiri dari semua agama, suku, dan etnis. “Semua kompak mendoakan agar turun hujan dan alhamdulillah sejak awal Oktober kita sudah dapat menghirup udar segar di Kalbar.”

Silahturahmi kebudayan antar etnis ini diselingi petunjukan tari-tarian adat Melayu, Dayak, Jawa hingga Sumatera Utara. Turut hadir dalam acara ini Wakpolda Brigjen Pol Imam Sugianto, Kabid Humas Kombes Donny Charles Go, dan Kapolres Pontianak Kota, AKBP Ade Ary. (ril/03)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *