Amorphopallus, Bunga Bangkai yang Eksotis

Untan
Amorphophallus titanum mekar di Arborethum Silva Universitas Tanjungpura. (Foto Silva)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Bunga bangkai raksasa atau amorphopallus sering ditemui tumbuh di Kalimatan Barat bagian timur dan utara. Kabupaten Sambas dan Sekadau tempat yang paling sering ditumbuhi tanaman ini.

Pada September lalu, warga Desa Maboh Permai, Sekadau dikejutkan dengan ditemukannya 2 bunga bangkai raksasa yang tumbuh di pekarangan rumah warga. Bunga bangkai itu tumbuh di pekarangan rumah warga yang berdekatan.

Bacaan Lainnya

Warga banyak berdatangan ke rumah Natan dan Simon, tempat tumbuhnya bunga bangkai tersebut. “Warga awalnya hanya tahu tumbuh di belakang rumah Pak Simson. Tapi ternyata ada juga di dekat rumah Pak Natan,” kata Anggota BPD Desa Maboh Permai, Robby Sugara, seperti ditulis suarakalbar.co.id, 12 September 2019.

Baru-baru ini amorphophallus titanum juga mekar di Arborethum Silva Universitas Tanjungpura. Hutan kota ini menjadi tempat penelitian mahasiswa Jurusan Kehutanan. Arborethum terletak di komplek Untan, berjarak sekitar 200 meter dari Bundaran Digulis Untan, jalan utama di Kota Pontianak.

Darwin, senior di Silva Untan kepada Inside Pontianak, Jumat (18/10/2019), mengatakan, “Bunga bangkai itu belum mekar sempurna sore kemarin.”

Bunga bangkai di Arborethum Untan jenis Amorphophallus hewitii alderw sebut peneliti di Natural Kapital, sebuah lembaga penelitian di Pontianak.

Amorphophallus adalah tanaman tak bercabang dengan kelopak bunga terbesar di dunia. Bunga yang mengeluarkan aroma busuk menyengat juga sering disebut bunga bangkai.

Merujuk pada sifatnya yang mengeluarkan aroma bangkai, amorphophallus titanum sering dikaitkan dengan bunga genus rafflesia. Bau bangkai yang dikeluarkan bunga ini bertujuan mengundang lalat untuk penyerbukan.

Bunga ini mengeluarkan bau paling kuat pada sore hingga tengah malam. Bau berangsur berkurang menjelang pagi.

Berdasarkan analisis kimia, bau yang dihasilkan bunga ini menyerupai bau busuk keju limburger, ikan busuk, kaus kaki berkeringat, atau seperti kotoran.

Umbi amorphopallus titanum biasanya mulai berbunga 7 sampai 10 tahun sejak awal ditanam. Pada umumnya bunga yang mekar hanya akan bertahan 12-24 jam.

Butuh waktu 7 sampai 10 tahun lagi untuk bunga kembali mekar. Namun dalam sejumlah kasus, umbi bunga bangkai yang subur dapat berbunga setiap 2-3 tahun sekali.

Bunga bangkai raksasa dapat tumbuh setinggi 3,1 meter di dalam penangkaran kebun raya Wilhelma, Stuttgart, Jerman. Belum pernah ada catatan rekor tinggi bunga yang tumbuh alami di alam bebas.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *