KPU Kayong Utara Aktif Sosialisasi Pemilu ke Pemilih Pemula

Sosialisasi Rumah Pintar Pemilu oleh KPU Kabupaten Kayong Utara (Foto: antaranews.com)

SUKADANA, insidepontianak.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara gencar melakukan sosialisasi proses pemilu melalui Rumah Pintar Pemilu (RPP). Memperbaharui data pemilih dan kegiatan kesekretariatan.

Ketua KPU Kayong Utara, Rudi Handoko mengatakan sosialisasi terus dilakukan, terutama kepada para pemilih pemula. “Beberapa sekolah kami ajak bersama membedah apa itu pemilu, sejarah, proses, dan hasilnya,” kata Rudi Handoko.

Bacaan Lainnya

KPU Kayong Utara menggunakan dua metode sosialisasi, yakni indoor dan outdoor. Metode indoor dilakukan dengan mengundang peserta sosialisasi ke kantor KPU, sedangkan outdoor KPU yang mendatangi peserta sosialisasi misalnya dengan kunjungan ke sekolah-sekolah.

“Siswa SMA sederajat diajak untuk memahami proses demokrasi. Kami sajikan dalam bentuk dialog, tampilan hasil pemilu, serta sejarah pemilu dalam bentuk grafis dan gambar yang mudah dipahami peserta,” ujar Rudi seperti dikutip antaranews.com.

Sejak beberapa tahun yang lalu di Kayong Utara didirikan pojok Rumah Pintar Pemilu. Fasilitas ini menyediakan banyak informasi soal pelaksanaan pemilu di tingkat nasional maupun daerah.

“Sedikitnya 30 peserta dalam satu kali kegiatan sosialisasi. Proses ini terus dilakukan dan dapat ditularkan kepada yang lain. KPU membuka diri kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu.”

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *