Tiga Kapal Baru Patroli Perkuat Bakamla RI

Kapal baru patroli milik Badan Keamanan Laut RI (Foto: Dok Bakamla RI)

BATAM, insidepontianak.com – Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI menambah 3 unit kapal negara. Kapal baru akan digunakan untuk memperkuat armada patroli pengamanan laut.

Peresmian penggunaan kapal negara ditandai acara pengguntingan pita yang dipimpin Kepala Bakamla RI, Laksamana Madya Bakamla A Taufiq R di galangan PT Citra  Shipyard, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (18/10/2019).

Bacaan Lainnya

Kapal Negara (KN) Pulau Nipah-321 akan ditugaskan menjaga zona Barat (Batam). Nama kapal diambil dari nama pulau di perbatasan Indonesia-Singapura di wilayah Pemerintah Kota Batam.

Pulau ini perbah nyaris tenggelam sebelum akhirnya direklamasi pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri. Saat ini kawasan pulau ditempati prajurit TNI di bawah Komando Lanal Batam.

Kapal lainnya diberi nama KN Pulau Marore-322 yang ditugaskan menjaga wilayah laut zona tengah di Manado. Pulau Marore adalah pulau luar di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan Filipina.

Pulau Marore masuk dalam wilayah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara. Pulau ini berada di sebelah utara Pulau Sangihe.

Sedangkan KN Pulau Dana-323 ditugaskan memperkuat pertahanan laut zona timur di Ambon. Pulau Dana, atau oleh warga setempat sering disebut Pulau Ndana adalah pulau luar Indonesia di sebelah barat daya Pulau Rote dan berbatasan dengan Australia.

Secara administratif, Pula Dana termasuk wilayah Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini merupakan wilayah paling selatan Republik Indonesia dan kawasan Asia.

Masing-masing kapal negara memiliki panjang 80 meter, lebar 7.90 meter, dan tinggi 14.4 meter. Bertenaga 2 mesin penggerak MAN/2862LE433, kapal patroli ini dapat bergerak dengan kecepatan maksimal 22 knot.

Pembuatan kapal patroli digarap sejak 3 Oktober 2017. Seluruh tahapan pembangunan kapal mulai desain, konstruksi, hingga instalasi sistem, ditangani oleh tenaga ahli putra-putri bangsa dibawah pengawasan Satgas Pembangunan Kapal Bakamla RI.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pengukuhan komandan masing-masing kapal negara. Letkol Bakamla Andris Benhard dikukuhkan sebagai Komandan KN Pulau Nipah 321, Letkol Bakamla Raden Haryo Wiji sebagai Komandan KN Pulau Marore 322, dan Letkol Bakamla Hananto Widhi sebagai Komandan KN Pulau Dana 323. (ril/03)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *