Tiang Pancang Proyek Kereta Cepat Penyebab Kebakaran Pipa Pertamina

TERBAKAR - Pipa milik Pertamina terbakar akibat pengerjaan kereta api cepat di di jalur tol Purbaleunyi kilometer 130. (Foto Instagram)

BANDUNG, insidepontianak.com – Kebakaran pipa minyak Pertamina di jalur tol Purbaleunyi kilometer 130 berhasil dipadamkan. Belasan unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api sejak siang tadi.

Embusan angin kecang membuat api membesar. Kepulan asap hitam tampak membumbung tinggi. Meski begitu, petugas pemadam kebakaran terus berupaya melakukan pemadaman.

Bacaan Lainnya

Komandan Regu Dinas Kebakaran Cimahi, Indrahadi mengatakan kebakaran cukup sulit untuk dipadamkan. Petugas melakukan penyekatan, agar api tidak menyebar.

Pihaknya kemudian melakukan koordinasi dengan Pertamina untuk menutup jalur minyak pada pipa yang terbakar. “Kami minta Pertamina menghentikan sementara suplai minyak pada pipa. Tutup jalur dari Ujung Berung namun menyisakan beberapa liter (minyak), menunggu habis,” kata Indrahadi.

Pemadam kebakaran dari Pertamina tiba di lokasi dan membawa cairan khusus AFF foam (busa) atau teepol. “Setelah dilakukan pemadaman dengan cairan khusus itu, api mulai berkurang sampai akhirnya padam sekitar pukul 17.25 WIB,” ujar Indrahadi.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengatakan, kuat dugaan kebakaran disebabkan pemancangan tiang proyek jalur kereta cepat. “Kereta api cepat diduga ada petugas yang sedang menancapkan benda keras terkena pipa gas Pertamina dan meledak. Itu kejadian pukul 14.00,” kata Rudi seperti dikutip kompas.com.

Operator crane menancapkan tiang pancang yang tidak sengaja mengenai pipa minyak Pertamina. Ledakan pipa minyak itu menyebabkan operator crane tewas seketika.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *