Bupati Sanggau Terima 3 Calon Sekda Definitif, Ini Harapan Tokoh Pemuda

  • Bagikan
Tokoh Pemuda Sanggau, Nur Kurniawan.

SANGGAU, insidepontianak.com – Tiga nama calon Sekda Kabupaten Sanggau hasil open bidding atau seleksi terbuka telah ditetapkan dan diumumkan Panitia Seleksi (Pansel).

Tiga nama yang diajukan panitia seleksi adalah Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar Ignatius. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau, H John Hendri.

Calon lainnya yang diajukan panitia seleksi adalah Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Sanggau dan juga Pj Sekda, Kukuh Triyatmaka.

Tokoh Pemuda Sanggau, Nur Kurniawan berharap, Bupati Paolus Hadi tidak terpatok pada nilai. Dia beralasan, ketiga nama yang lolos seleksi itu sama-sama terbaik.

“Bupati tidak harus merujuk pada nama yang mendapatkan nilai tertinggi, karena memang tidak ada aturan Bupati harus memilih Sekda dengan kriteria tertentu, seperti nilai misalnya,” kata Nur Kurniawan, Rabu (23/10/2019).

Menurut Nur Kurniawan, pemilihan Sekda sepenuhnya hak prerogatif Bupati sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Bupati memiliki kewenangan penuh untuk mengangkat pejabat birokrasi di lingkungan Pemkab Sanggau.

“Siapapun yang dipilih Bupati dari tiga nama itu sama sekali tidak melanggar aturan karena nama-nama itu yang terbaik,” kata Kurniawan.

Beberapa faktor yang seharusnya menjadi pertimbangan bupati dalam memilih sekda antara lain, kemampuan komunikasi politik, pertimbangan keseimbangan dan komposisi masyarakat dan dukungan sosial.

Kurniawan berharap Bupati mau mendengar saran-saran para tokoh agar jalannya pemerintahan mendapat dukungan. “Saya berharap Bupati memilih berdasarkan perimbangan dan kebersamaan, itu harapan saya.”

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau, Herkulanus HP mengatakan, 3 nama calon sekda yang telah diumumkan panitia seleksi telah disampaikan ke Gubernur Kalbar dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Selanjutnya bupati telah menyampaikan laporan hasil penetapan Pansel tersebut ke Gubernur Kalbar dan KASN di jakarta,” kata Herkulanus HP.

Menurut Herkulanus, bupati saat ini menunggu rekomendasi dari KASN untuk memilih dan melantik sekda definitive.

Di tempat terpisah, Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengatakan bahwa dirinya tidak memiliki kewenangan memilih Sekda Sanggau. “Kewenangannya ada di Bupati, bukan saya,” jawab Gubernur singkat.

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: