Wakil Bupati Dukung Wisata Sungai di Desa Kuala Dua

Wakil Bupati Sujiwo, menghadiri perayaan Robo-Robo di Desa Kuala Dua, Kuburaya (Foto: Humpro Pemkab Kuburaya)

KUBURAYA, insidepontianak.com – Wakil Bupati Kuburaya, Sujiwo menghadiri perayaan Robo-Robo di Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Rabu (23/10/2019).

Perayaan Robo-Robo ini dirangkai panandatanganan pembangunan destinasi wisata dan pelepasan bibit ikan patin di Sungai Kapuas. Wakil Bupati mengapresiasi masyarakat Desa Kuala Dua yang berupaya melestarikan adat dan budaya daerah.

Bacaan Lainnya

Perayaan Robo-Robo di Kabupaten Kuburaya dilaksanakan di beberapa tempat di antaranya di Kecamatan Kakap, Teluk Pakedai, Kubu dan Sungai Raya.

“Yang sangat ramai mengadakan Robo-Robo ini di Mempawah dan Kakap. Khusus di Kuala Dua ini saya apresiasi kepada Pak Matlias (Kepala Desa) yang sangat peduli terhadap budaya,” kata Sujiwo.

Sujiwo juga mendukung upaya Desa Kuala Dua yang ingin menjadikan pinggiran Sungai Kapuas menjadi destinasi wisata pesisir sungai. Pengembangan destinasi wisata akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Budaya ini sangat penting, sampai diangkat dalam Tri Sakti Bung Karno. Jati diri bangsa Indonesia itu akan tercermin dari budaya. Termasuk hari ini, kita merayakan Robo-Robo yang hanya ada di Kalimantan Barat,” ujar Sujiwo.

Sujiwo berharap, perayaan Robo-Robo dapat mempererat silaturahmi warga, menghargai leluluhur, dan masyarakat dijauhkan dari bahaya, wabah, serta  penyakit.

Kepala Desa Kuala Dua, Matlias mengatakan perayaan Robo-Robo sebagai sarana promosi wisata budaya. Tradisi ini digelar setiap tahun pada hari Rabu terakhir bulan Safar.

“Setiap tahun akan selalu kami anggarkan kegiatan-kegiatan seperti ini, begitu juga kegiatan lainnya,” kata Matlias.

Pemerintahan Desa Kuala Dua memprogramkan menjadikan tepian Sungai Kapuas di Dusun Keramat Jaya, Sungai Adong Laut menjadi destinasi wisata pesisir sungai.

“Ini potensi di Desa Kuala Dua. Selain mempunyai danau sebagai tempat wisata, kita juga akan memiliki tempat wisata di pinggiran sungai.”

Saat ini sedang dirancang pembangunan infrastruktur pendukung destinasi wisata pinggiran sungai. Pembangunan steiger dan gertak yang didukung Pemkab Kabupaten Kuburaya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *