Wali Kota Pontianak: Jangan Biarkan Anak Kecanduan Gadget

  • Bagikan

PONTIANAK, insidepontianak.com – Membebaskan anak-anak bermain perangkat gadget atau smartphone tanpa batasan, dapat menghambat tumbuh kembang anak. Mereka cenderung asyik bermain smartphone dan hampir tidak pernah beraktivitas di luar rumah.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, anak-anak yang banyak berdiam di rumah aktivitas bergeraknya semakin sedikit. Hal itu menghambat kreativitas anak.

“Anak-anak harus kreatif, banyak melakukan gerak dan harus ada rasa ingin tahu yang kuat. Sehingga bakat dan kemampuan yang mereka miliki timbul dengan sendirinya,” kata Wali Kota pada Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang dirangkai dengan acara Penutupan Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Gedung Konferensi Teater 1 Universitas Tanjungpura Pontianak, Rabu (30/10/2019).

Terkadang sebagian orang tua ingin anaknya diam, tidak nakal dan bermain di luar rumah. Sehingga mereka memberikan kebebasan pada anak untuk bermain perangkat teknologi tersebut.

“Mereka butuh bermain dengan teman-temannya, berkomunikasi dan menuangkan ide-ide kreatif.”

Peringatan HAN seharusnya diperingati tanggal 23 Juli 2019, namun ditunda karena terjadi kabut asap di Kota Pontianak.

Pada kesempatan itu, perwakilan anak-anak membacakan Suara Anak Kota Pontianak yang berisi keinginan untuk disampaikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak.

Keinginan tersebut disambut baik oleh Wali Kota yang akan menjadi masukan bagi Pemkot Pontianak untuk memenuhi hak-hak anak. “Kami akan mengakomodir apa yang menjadi suara atau keinginan anak-anak Kota Pontianak. Perwakilan anak juga kita libatkan dalam Musrenbang.”

Irfan, Duta Partisipasi Anak mengatakan, Suara Anak Kota Pontianak berisi keinginan dan harapan anak kepada pemerintah. “Kami juga meminta pemerintah tegas melarang anak-anak yang merokok,” kata Irfan yang saat ini duduk di Kelas XI SMAN 2 Pontianak.

Irfan mengajak anak-anak lainnya untuk melakukan hal positif dan bermanfaat. Berupaya mengukir prestasi yang membanggakan orang tua, sekolah, dan Kota Pontianak.

“Salah satu cara supaya terhindar dari hal-hal negatif, adalah dengan melakukan hal positif seperti menyalurkan bakat dan hobi seperti olahraga, seni, membaca, dan sebagainya.”

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: