Kuliah Umum UNKA, Asisten Sekda Sintang Minta Pemuda Berpikiran Terbuka

Plt Harian Asisten Sekda Kabupaten Sintang Bidang Pemerintahan, Kurniawan memberikan kuliah umum di Universitas Kapuas Sintang. (Foto: Humas Pemkab Sintang).

SINTANG, insidepontianak.com – Plt Harian Asisten Sekda Kabupaten Sintang Bidang Pemerintahan, Kurniawan memberikan kuliah umum di Universitas Kapuas Sintang, Kamis (31/10/2019).

Kegiatan yang diadakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Kapuas Sintang ini memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Bacaan Lainnya

“Pemuda 91 tahun lalu menggagas Sumpah Pemuda. Ini merupakan contoh orang-orang muda yang memiliki pikiran terbuka khususnya dalam menyikapi keberagaman,” kata Kurniawan.

Keterbukaan menjadi pondasi membangun masyarakat, bangsa, dan negara. Sumpah pemuda adalah bentuk kemajuan. Tugas pemuda masa kini adalah mempertahankan pola pikir yang terbuka tersebut.

“Banggalah anda semua ini, berada pada fase anak muda,” kata Kurniawan. “Kita berharap pemuda Indonesia kedepan yang idealis dan ideologis. Kuncinya dengan menghidupi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.”

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Universitas Kapuas Sintang, Darmansah mengatakan para pemuda sejak dulu sudah menjadi contoh persatuan dan kesatuan.

Sekarang hal itu masih bisa dilihat dari besarnya antusiasme mahasiswa untuk hadir dalam kuliah umum. Darmasyah mengingatkan bahwa kebersamaan pemuda perlu ditopang kualitas SDM.

Pendidikan yang baik tidak selalu di dalam kelas yang kecil tapi juga belajar bersama dalam kuliah umum. “Kuliah umum menyajikan materi penting. Kita dapat narasumber dari perwakilan Bupati Sintang, seorang pemimpin. Kita harus utamakan generasi muda untuk memimpin. Kita yang calon pemimpin ini juga hendaknya belajar dari para pemimpin seperti beliau.”

Turut hadir dalam acara kuliah umum, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sintang, Hendrika dan sejumlah tamu undangan.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *