Kota Pontianak Berpotensi Kembangkan Industri Kreatif

Bahasan berharap, Kota Pontianak siap menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. (Foto: Humpro Pemkot Pontianak).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sebagai kota perdagangan dan jasa, Kota Pontianak memiliki potensi industri yang bisa dikembangkan. Salah satunya potensi industri kreatif.

Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan mengatakan, potensi industri kreatif selaras dengan program pemerintah pusat “Making Industry 4.0”.

Bacaan Lainnya

“Dalam menyusun Rencana Pembangunan Industri Kota (RPIK) Pontianak harus mendukung agenda pemerintah pusat, yaitu ‘Making Industry 4.0’ yang Kementerian Perindustrian sebagai leading sector-nya,” kata Bahasan usai membuka “Diskusi Aktual dan Paparan Dokumen RPIK” di Aula Rohana Muthalib, Selasa (5/11/2019).

Bahasan berharap, Kota Pontianak siap menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. “Sebagai kota perdagangan dan jasa, kita harus siap menghadapi tantangan ini,” ujar Bahasan.

Industri unggulan yang dikembangkan di Kota Pontianak salah satunya pengolahan lidah buaya (aloe vera). Faktor geografis Pontianak menjadi nilai tambah dalam mengembangkan produk aloe vera.

Industri ini dapat menumbuhkan industri kecil dan menengah. “Produk-produk yang dihasilkan pun telah dikenal. Tidak hanya nasional bahkan internasional,” kata Bahasan.

Terkait penyusunan RPIK, Wakil Wali Kota berharap muncul forum-forum yang menginterpretasikan industri di Kota Pontianak. “Melalui pertemuan diskusi aktual dan paparan ini dapat menelurkan RPIK yang sinkron, sinergis, dan jelas,” pungkas Bahasan.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *