Anak Butuh Orang Tua Sebagai Panutan Prilaku Hidup Sehat

  • Bagikan
Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di TK Bhayangkari, Kecamatan Sintang, Jumat (8/11/19). (Foto: Humpro Pemkab Sintang).

SINTANG, insidepontianak.com – Pelaksana Tugas (Plt) Asisten I Setda Kabupaten Sintang, Kurniawan menghadiri kegiatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan tema “Tangan Bersih untuk Semua”.

Kegiatan yang dilakukan Tim Penggerak PKK Sintang ini diadakan di TK Bhayangkari, Kecamatan Sintang, Jumat (8/11/19).

“Hari Cuci Tangan dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 15 Oktober. Namun di Kabupaten Sintang baru dapat terlaksana hari ini, karena ada beberapa kegiatan yang tidak dapat ditunda pelaksanaannya,” kata Yosepa Sepina Biong, Plt Ketua PKK Kabupaten Sintang.

Cuci tangan efektif mencegah penularan penyakit. Membiasakan anak-anak mencuci tangan juga mengajarkan perilaku hidup sehat. “Anak-anak dibiasakan cuci tangan pakai sabun sebelum makan atau setelah dari toilet.”

Plt Asisten I Setda Sintang, Kurniawan mengatakan pemerintah mendukung dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun. Ini sejalan dengan visi dan misi Pemkab Sintang mewujudkan masyarakat yang sehat.

Indikator terwujudnya masyarakat Sintang yang sehat adalah berkurangnya jumlah warga yang sakit. Perilaku hidup sehat serta pemerataan layanan kesehatan.

Orientasi pembangunan nasional saat ini harus memenuhi hak-hak dasar masyarakat. Salah satu hak dasar masyarakat adalah hak untuk sehat. Salah satu cara merealisasikannya dengan membudayakan perilaku hidup sehat.

“Jadi cuci tangan pakai sabun ini adalah mengubah perilaku. Mengubah karakter masyarakat dan itu tidak mudah,” kata Kurniawan.

Menurut Kurniawan anak-anak membutuhkan figur panutan terkait pola hidup sehat. Orang tua tidak bisa hanya menyuruh anak, tapi harus memberi contoh prilaku hidup sehat.

“Kami bersyukur hari ini acaranya dilaksanakan di TK. Anak-anak usia dini ini sangat penting disosialisasikan dan diberi contoh bagaimana kebiasaan mencuci tangan memakai sabun. Kami berharap kegiatan ini terus dilaksakan.”

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Camat Sintang, perwakilan forkopimda, guru-guru, dan orang tua siswa.

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: