banner 468x60

Bupati Sintang Minta Tugas Guru Juga Cerdaskan Akhlak

  • Bagikan
Bupati Sintang Jarot Winarno menjadi inspektur upacara peringatan Hari Guru Nasional tahun 2019. (Foto: Humpro Pemkab Sintang).

SINTANG, insidepontianak.com – Bupati Sintang Jarot Winarno menjadi inspektur upacara peringatan Hari Guru Nasional tahun 2019 di halaman SMA Negeri 1 Sepauk, Senin (25/11/19).

Bupati yang membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan guru ditugasi membentuk masa depan bangsa, tapi sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.

Guru ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktunya habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

“Guru tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan. Guru ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan,” kata Bupati.

Jarot menambahkan, tugas utama guru sebagai pendidik adalah memanusiakan manusia. Guru tidak hanya mendapat tugas mencerdaskan otak tapi juga mencerdaskan akhlak dan emosi.

“Sepatutnya guru menciptakan lingkungan yang lebih mendidik dari inovasi – inovasi yang lebih kreatif. Kecerdasan adalah jembatan emas menuju kehidupan yang lebih baik. Kita harus peduli secara penuh terhadap dunia pendidikan.”

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: