Sutarmidji Minta Perusahaan Perkebunan Sejahterakan Rakyat

Gubernur meminta seluruh perusahaan mengelola lahan dengan lebih bertanggung jawab. (Foto: Antara)
banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji berharap pemilik perusahaan perkebunan dan pertambangan mengelola usaha dengan hati. Menjaga lahan dengan baik dan mensejahterakan masyarakat sekitar.

“Selain dihadiri Kepala BNPB, Kapolda, Pangdam dan pihak terkait, juga dihadiri 100 lebih perusahaan perkebunan dan pertambangan yang sudah mendapat peringatan atas kejadian karhutla di kawasan izin mereka,” kata Sutarmidji saat membuka rapat evaluasi penanganan karhutla di Kalbar tahun 2019 di Pontianak, Senin (3/12/19).

Muat Lebih

Gubernur meminta seluruh perusahaan mengelola lahan dengan lebih bertanggung jawab. Rapat evaluasi ini juga merupakan rangkaian kegiatan pencegahan karhutla di Kalbar.

Kehadiran Kepala BNPB, Doni Monardo ke Kalbar untuk yang kesekian kalinya menunjukan keseriusan badan penanggulangan bencana itu untuk menangani karhutla.

“Selain permasalahan karhutla, saya minta kepada perusahaan sawit untuk juga memperhatikan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan. Kesejahteraan menjadi poin kerawanan atas aktivitas pembakaran lahan di sekitar kawasan perusahaan,” kata Gubernur seperti dikutip Antara.

Perusahaan kata Gubernur juga berperan dalam pembentukan desa mandiri. Salah satu poin pencapaian desa mandiri adalah masalah lingkungan yang erat kaitannya dengan koorporasi.

Di tempat yang sama, Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Nur Rahmad memberi apresiasi kepada Gubernur Kalbar yang aktif mencegah karhutla.

Kodam XII/ Tanjungpura sedang menyiapkan program “Langit Biru” untuk mencegah karhutla. Program ini akan direalisasikan tahun 2020.

“Diharapkan melalui program ini, kami bisa melakukan pencegahan karhutla secara lebih baik. Program ini juga dalam rangka mendukung percepatan pembentukan desa mandiri di Kalbar,” kata Mayjen Nur Rahmad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *