banner 468x60

Pemkot Pontianak Raih Penghargaan Badan Publik Informatif

  • Bagikan
Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak meraih penghargaan Badan Publik Informatif dari Komisi Informasi Provinsi Kalbar. (Foto: Humpro Pemkot Pontianak).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak meraih penghargaan Badan Publik Informatif dari Komisi Informasi Provinsi Kalbar. Penghargaan diterima Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (5/12/19).

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi dari Komisi Informasi atas keterbukaan informasi yang dilakukan Pemkot Pontianak. “Ini sebagai komitmen Pemkot Pontianak dalam rangka mendukung keterbukaan informasi publik dengan menyajikan informasi kepada publik,” kata Bahasan.

Berdasarkan UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), pemerintah pusat dan daerah wajib membuka akses informasi publik serta meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi.

“Dengan adanya KIP ini sebagai upaya pemerintah untuk mendapat kepercayaan publik dalam tata kelola pemerintahan yang transparan,” ujar Wakil Wali Kota.

Dia menilai, KIP juga bertujuan mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, transparan, efektif, serta efisien. Pemkot Pontianak terus berupaya menyajikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan memberikan dampak positif dalam kemajuan pembangunan.

“Harapannya ada feedback positif dari masyarakat untuk mendukung program-program pembangunan yang dilakukan Pemkot Pontianak. Masyarakat juga mengetahui apa saja yang sudah dilakukan oleh Pemkot Pontianak.”

Menurut Bahasan, dalam penyampaian informasi, harus disampaikan dengan cara yang mudah dijangkau masyarakat dan dalam bahasa yang mudah dipahami.

Saat ini akses informasi begitu mudah dan cepat diperoleh melalui fasilitas teknologi informasi. Bahasan mengingatkan masyarakat agar menyaring kebenaran informasi yang diterima. “Masyarakat harus cerdas dalam memilah informasi, mana yang benar dan mana yang hoax.” (jim)

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: