PLN Kalbar Minimalisir Gangguan Listrik Akibat Sambaran Petir

  • Bagikan
Petugas PLN memasang down conductor di sejumlah tower saluran udara tegangan tinggi. Mencegah gangguan listrik akibat sambaran petir. (Foto: PLN Kalimantan Barat).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Unit Pelaksana Penyaluran dan Pengaturan Beban (UP3B) Kalimantan Barat terus meningkatkan pelayanan. Salah satunya memasang alat penangkal petir untuk mencegah ganguan listrik.

PLN memasang down conductor di tower saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150 kV yang rawan tersambar petir. Hal itu untuk megantisipasi curah hujan dan intensitas gangguan petir yang meningkat.

“Terutama di daerah Singkawang dan Bengkayang yang mengakibatkan sistem kelistrikan Khatulistiwa sering mengalami gangguan,” kata Manager UP3B Sistem Kalbar, Ricky Faizal, Kamis (5/12/19).

Down conductor merupakan sistem proteksi dari sambaran petir, dengan cara menyediakan jalur khusus agar sambaran petir dapat langsung disalurkan ke tanah sehingga tidak mengganggu jaringan listrik.

Secara rutin PLN berkoordinasi dengan BMKG Pontianak untuk memetakan jalur-jalur transmisi yang rawan sambaran petir. Data yang didapatkan, menjadi pertimbangan PLN untuk memasang sistem proteksi petir down conductor.

“Kami berharap dengan pemasangan down conductor pada tower-tower SUTT 150 kV, akan meminimalisir gangguan akibat petir pada sistem kelistrikan Khatulistiwa. Pastinya akan meningkatkan keandalan pasokan listrik kepada konsumen.”

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: