banner 468x60

Tol JORR II Dorong Percepatan Ekonomi Banten

  • Bagikan
Ruas-ruas jalan tol yang melingkari Jakarta bagian luar mulai dari Cengkareng hingga Cilincing ini akan menghubungkan Jakarta dengan Tangerang, Bogor, Depok, serta Bekasi. (Foto: Kantor Sekretariat Presiden).

TANGERANG SELATAN, insidepontianak.com – Pengoperasian jalan tol lingkar luar Jakarta (JORR) II ruas Kunciran-Serpong, dimaksudkan untuk mendorong percepatan ekonomi di Provinsi Banten.

Ruas-ruas jalan tol yang melingkari Jakarta bagian luar mulai dari Cengkareng hingga Cilincing ini akan menghubungkan Jakarta dengan Tangerang, Bogor, Depok, serta Bekasi.

“Saya sering mendengar keluhan orang yang bolak-balik dari Banten-Jakarta dan Jakarta-Banten. ‘Pak, kita ini bisa tua di jalan karena macet’. Kerugiannya besar sekali baik dari sisi waktu yang terbuang di jalan yang menyebabkan daya saing kita akan semakin tergerus maupun dari sisi biaya yang kita keluarkan untuk BBM,” kata Presiden saat meresmikan ruas tol Kunciran-Serpong, Jumat (6/12/19).

Padahal seperti yang sering disampaikan Presiden, di era persaingan antarnegara yang semakin sengit, kecepatan akan sangat menentukan. Negara yang cepat akan mengalahkan yang lamban.

Berkaitan dengan hal tersebut, pembangunan jalan tol juga akan menghubungkan kawasan-kawasan industri di Jakarta dan Banten. Sehingga distribusi logistik akan jauh lebih mudah, utamanya distribusi barang yang melalui Pelabuhan Merak.

“Jadi jalan tol akan menyambungkan sentra-sentra produksi dengan sentra-sentra distribusi. Semakin tersambung, maka akan semakin efisien yang artinya daya saing kita akan semakin baik dalam investasi maupun daya saing produk-produk kita yang juga akan semakin meningkat.”

Terhubungnya seluruh ruas jalan tol ini akan mempercepat gerak perekonomian Banten sebagai wilayah penyangga Jakarta. Kejenuhan investasi di Jakarta dapat dialihkan ke Banten karena konektivitas kedua provinsi semakin tersambung.

Dengan demikian ekonomi Banten dapat bergerak lebih cepat. “Kami harapkan ekonomi Banten bisa bergerak lebih cepat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak lagi,” tandas Presiden.

 

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: