Kecamatan Sintang Raih Juara Umum MTQ Kabupaten Sintang

  • Bagikan
MTQ Sintang
PENUTUPAN - Penutupan MTQ ke XXIV Kabupaten Sintang tahun 2019. Penutupan ditandai dengan pengumuman pemenang dan pemulukan beduk di bekas Lapangan Terbang (Lapter) Susilo Sintang, Jumat (6/12/19) malam. (Humpro Sintang)

SINTANG, insidepontianak.com – Wakil Bupati Sintang, Askiman secara resmi menutup seluruh rangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXIV Kabupaten Sintang tahun 2019. Penutupan ditandai dengan pemulukan beduk di bekas Lapangan Terbang (Lapter) Susilo Sintang, Jumat (6/12/19) malam.

Juara umum MTQ ke-XXIV Kabupaten Sintang tahun 2019, berhasil diraih Kecamatan Sintang. Sementara peringkat kedua diraih Kecamatan Sungai Tebelian dan peringkat ketiga diraih Kecamatan Serawai.

Acara yang diawali defile kafilah kategori lomba ini berlangsung sukses, meriah dan lancar. Ada berbagai acara disuguhkan dengan berbagai tontonan yang menarik dari panitia kegiatan, yakni penampilan drum band dan atraksi pencak silat, penampilan grup hadrah, grup qasidah dan penampilan tari kolosal dari sanggar Anantakupa Sintang. Terlebih acara tersebut dihadiri sekitar 12 ribu masyarakat yang memadati tempat acara.

Dalam sambutannyanya, Wakil Bupati Sintang Askiman, selaku pemerintah Kabupaten Sintang mengucapkan selamat kepada para juara pada event dua tahunan ini. Askiman berpesan agar prestasi yang diraih bisa dipertahankan kedepanya.

“Teruslah berlatih untuk mempersiapkan diri, mengharumkan nama Kabupaten Sintang pada MTQ tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Sekadau pada 13-19 April 2020 mendatang,” katanya.

Ia menegaskan, bagi yang belum berhasil menunjukkan prestasinya dalam MTQ ini, ia berharap tidak berkecil hati, dan terus berlatih dan memacu diri untuk berprestasi, supaya bisa memiliki kesempatan yang akan datang.

Askiman juga mengimbau, baik kepada yang meraih juara maupun yang belum berhasil pada momen MTQ ke-XXIV, bahwa semangat bermusabaqah untuk meraih penghargaan tidak selayaknya sampai menggeser niat ikhlas untuk meningkatkan syiar Al Qur’an, dan membudayakannya dalam kehidupan umat Islam di Kabupaten Sintang.

Oleh karena itu, pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena sesuai dengan visi pembangunan tahun 2016-2021, yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Sintang yang religius. Dimana dari visi ini, akan dilakukan berbagai upaya peningkatan kualitas kehidupan beragama di Kabupaten Sintang, sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang bermoral, beretika, berbudaya dan beradab.

“Semangat untuk membaca dan menghayati kalam illahi, serta mendalami isi dan mengamalkan ajaran Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari, jangan hanya tumbuh dan layu untuk semusim. Hal ini seharusnya dipandang sebagai kebutuhan bagi setiap muslim,” pesannya.

Oleh karena itu, dirinya berharap penyelenggaraan MTQ ke-XXIV ini dapat menambah wawasan, penghayatan dan cinta manusia terhadap Al-qur’an. Terlebih pelaksanaan musabaqah merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi Al-qur’an. Upaya yang dilakukan tidak boleh berhenti sampai di sini. Kegiatan yang berkaitan dengan syiar Islam ini akan menjadi sia-sia dan percuma saja, apabila tidak memberikan pengaruh yang positif.

“Untuk itu, diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggung jawab seluruh komponen, agar penyelenggaraan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an ini memberi pengaruh positif. Yang tampak dan dirasakan secara nyata dan terukur, dalam perkembangan kehidupan masyarakat kita ke depannya,” ujar Askiman.

Askiman menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak, yang telah memberikan kontribusi, telah mendukung penuh dan ikut berpartisipasi bagi kesuksesan penyelenggaraan MTQ ke-XXIV tingkat Kabupaten Sintang.

“Kita semua berharap semoga suasana yang sejuk, damai, religius yang terwujud dalam penyelenggaraan MTQ sekarang ini, tetap terpelihara dan semakin meningkat di hari-hari mendatang,” tutup Askiman.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Pelaksanaan MTQ ke-XXIV Kabupaten Sintang, Helmi mengatakan MTQ  ke-XXIV Kabupaten Sintang tahun 2019, dilaksanakan sejak tanggal 2 Desember 2019, dan berakhir 6 desember 2019.

Helmi menyampaikan bahwa, berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan seperti ramah tamah dan pelantikan Dewan Hakim MTQ, penyelenggaraan pawai ta’aruf yang diikuti 220 kendaraan roda empat dan 187 kendaraan roda dua. Kemudian penyelenggaran pembukaan MTQ yang pada saat itu, acara berlangsung di bawah guyuran hujan. Namun tidak menyulut antusiasme masyarakat hadir memadati tempat acara.

Dari 3-6 Desember 2019 telah dilaksanakan lomba-lomba MTQ di 5 tempat, yaitu lomba Tilawah dan Tahfidz dewasa di panggung utama di bekas lapangan terbang Susilo Sintang. Lomba Khatil Qur’an di Rumah Melayu Sintang. Lomba Fahmil Qur’an di Aula SMPN 2 Sintang. Lomba Tilaah Anak-anak, Tahfidz dan Tartil Qur’an di Masjid Al Kautsar Sintang. Lomba Syarhil Qur’an di Gedung Pancasila Sintang. “Dimana peserta lomba secara keseluruhan berjumlah 553 orang dan semua lomba berjalan dengan tertib dan lancer,” ujar Helmi.

Helmi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung acara MTQ, sehingga acara ini semuanya berlangsung sukses, aman dan lancar.

Hadir pada acara penutupan MTQ ini, unsur Forkopimda Kabupaten Sintang, unsur OPD Kabupaten Sintang, ormas-ormas yang ada di Kabupaten Sintang dan tamu undangan lainnya. (IP/01)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: