Atlet Kalbar Ikut Sumbang Emas SEA Games Filipina

  • Bagikan
Atlet Sambo asal Kalbar, Erik Gustam menyumbang medali emas pada SEA Games Filipina. (Foto: Dok. Pribadi)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Atlet Sambo asal Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Erik Gustam bangga bisa mempersembahkan medali emas untuk cabang olahraga Sambo di SEA Games 2019 Filipina.

“Saya main beregu mixed team 5 on 5. Pada semifinal kita berhasil mengalahkan Singapura dan di final pertarungan sengit melawan Thailand. Alhamdulillah berhasil kita tumbangkan. Total ada 4 emas di cabang olahraga Sambo,” kata Erik Gustam kepada Antara, Minggu (8/12/19).

Erik mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Provinsi Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) Kalbar dan camp tempat latihannya 11 Fightcamp.

“Terima kasih pelatih, pengurus, kedua orang tua, istri, dan anak tercinta, serta seluruh keluarga dan sahabat semuanya. Terimakasih masyarakat Indonesia dan Kalbar khususnya,” kata Erik.

Erik mengaku dukungan pemerintah daerah secara resmi, baik dari KONI maupun Dinas Pemuda dan Olahraga masih minim. “Sampai saat ini belum ada pejabat daerah atau terkait yang menghubungi atau bertemu dengan saya,” katanya.

Pria asal Jeruju, Pontianak Barat tersebut saat ini berusia 34 tahun. Dulu Erik merupakan atlet Judo, bahkan pada 2014 sempat berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalbar.

Pada tahun 2018, Erik mulai fokus ke Sambo dan langsung terjun di Porprov tahun yang sama. Dia menjadi atlet 8 besar kejuaraan Sambo Asia di India pada September 2019.

Selain Erik 2 atlet lainnya asal Kalbar juga turut menyumbang medali SEA Games. Putri Aulia menyumbang medali perunggu untuk cabang olahraga angkat besi dan Rivaldo Tantra Pangetsthio memberikan medali perak di cabang bola basket 3×3.

Satu lagi atlet asal Kalimantan Barat yang berpeluang menyumbang medali bagi Indonesia di ajang SEA Games Filipina. Atlet anggar Nuraya Kadafie akan tampil pada nomor beregu degen putra.

SEA Games 2019 Filipina berlangsung 30 November-11 Desember 2019. Saat ini kontingen Indonesia berada di posisi kedua klasemen sementara setelah mendapat tambahan medali emas dari cabang olahraga menembak, perahu naga, rowing, dan panahan.

Indonesia mengumpulkan total 56 medali emas, 52 perak dan 66 perunggu. Posisi pertama diduduki tuan rumah Filipina dengan 92 emas, 69 perak dan 70 perunggu. Di posisi tiga Vietnam dengan 49 emas, 52 perak, 70 perunggu.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: