Presiden Tak Hadiri Peringatan Hari Antikorupsi di KPK

Presiden menghadiri peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di di SMKN 57 Jakarta, Senin (9/12/19). (Foto: Kantor Sekretariat Presiden).

JAKARTA, insidepontianak.com – Presiden Joko Widodo tidak memenuhi undangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menghadiri peringatan Hari Antikorupsi Sedunia. Peringatan digelar di Gedung KPK Jakarta, Senin (9/12/19).

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menyatakan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang dijadwalkan hadir dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia tahun ini. Acara dimulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Bacaan Lainnya

“Teragendakan Wapres besok (hari ini),” kata Febri kepada wartawan, Minggu (8/12) malam.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Fadjroel Rahman mengatakan Presiden dijadwalkan menghadiri pentas Prestasi Tanpa Korupsi di SMKN 57, Jakarta. Acara akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

“Presiden akan berkunjung ke SMK Negeri 57,” kata Fadjroel kepada awak media seperti dilansir CNNIndonesia.

Fadjroel menambahkan dalam rangka peringatan Hari Antikorupsi Sedunia, Presiden berkomitmen mendorong penegakan hukum, pencegahan, hingga pemberantasan korupsi.

Sebelumnya, Ketua KPK, Agus Rahardjo mengatakan telah mengundang Presiden Joko Widodo untuk menghadiri peringatan Hari Antikorupsi Sedunia. Agus berharap presiden bisa hadir pada peringatan tahun ini.

“Kami mengundang beliau. Kalau enggak salah kabarnya nanti akan kami terima dalam waktu dekat. Jadi kita tunggu beliau. Kehadiran beliau sangat kami harapkan,” kata Agus di Gedung KPK, Jumat (6/12).

Sementara Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang berharap Jokowi mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) untuk membatalkan revisi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

Saut menyebutkan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia dapat menjadi momentum tepat bagi presiden untuk mengeluarkan Perppu tersebut.

“Saya masih berharap saat Hari Antikorupsi tanggal 9 Desember Presiden Jokowi yang rencana datang ke KPK, sudi apalah kiranya datang pada acara itu sekalian membawa Perppu KPK.”

Presiden dalam dua tahun terakhir selalu menghadiri peringatan Hari Antikorupsi yang diadakan KPK. Joko Widodo hadir saat peringatan Hari Antikorupsi Sedunia pada 2017 dan 2018. Ketika itu, dia mengatakan pemberantasan korupsi harus ditingkatkan, baik penindakan maupun pencegahan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *