Sekda Sintang Buka Rapat Evaluasi Dinas Kesehatan

banner 468x60

SINTANG, insidepontianak.com – Sekda Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah membuka rapat evaluasi capaian program Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang.

Pemkab Sintang menyambut baik kegiatan ini sebagai bentuk koordinasi antar pihak dalam mewujudkan Sintang sehat melalui implementasi program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK).

Bacaan Lainnya

Pembangunan kesehatan bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat. Sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

“Pembangunan kesehatan merupakan investasi utama bagi pembangunan sumber daya manusia Indonesia,” kata Yosepha.

Untuk mewujudkan itu diperlukan perencanaan pembangunan kesehatan secara sistematis, terarah, terpadu, dan menyeluruh. Serta dibutuhkan keterlibatan seluruh komponen masyarakat.

“Dimulai dari saat kelahiran, anak di bawah 5 tahun (balita), remaja, dewasa muda, dewasa, dan pada akhirnya seseorang di masa tua. Pendekatan keluarga diharapkan dapat meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan yang lebih komprehensif,” ujar Yosepha.

Pendekatan kesehatan keluarga salah satunya melalui peran puskesmas. Petugas medis puskesmas mendatangi keluarga, mengumpulkan profil kesehatan keluarga, dan melakukan promosi kesehatan.

“Puskesmas tidak hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan di dalam gedung, melainkan juga keluar gedung dengan mengunjungi keluarga di wilayah kerja.”

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *