PDAM Tirta Senentang Sehat Administrasi

Bupati Sintang, Jarot Winarno membuka kegiatan pengembangan kapasitas perusahaan daerah PDAM Tirta Senentang, Rabu (18/12/19). (Foto: Humas Pemkab Sintang).
banner 468x60

SINTANG, insidepontianak.com – Bupati Sintang, Jarot Winarno membuka kegiatan pengembangan kapasitas perusahaan daerah PDAM Tirta Senentang, Rabu (18/12/19). Dalam rangka meningkatkan kapasitas tata kelola perusahaan yang sesuai dengan tata kelola good corporate governance.

“Kita dipesan Bapak Presiden untuk memperhatikan acuan kerja nasional. Salah satunya adalah untuk tetap membangun infrastruktur dasar, termasuk di dalamnya pengadaan air bersih,” kata Jarot.

Muat Lebih

“Selain itu pembangunan penting lainnya yang harus kita urus itu adalah sumber daya manusia (SDM). Diperlukan berbagai inovasi yang dapat mempercepat pertumbuhan, termasuk di perusahaan milik daerah seperti PDAM kita ini.”

Menurut Bupati, perlukan komitmen tinggi dalam mengusahakan tata kelola pemerintahan yang bersih. Setelah tata kelola diselesaikan, dilanjutkan perbaikan regulasi dan implementasi di lapangan.

Proses pemilihan pejabat PDAM di Sintang melewati proses yang ketat dan panjang. Pemda Sintang juga berupaya meminimalisir intervensi pihak eksternal perusahaan.

Direktur PDAM Sintang, Jane Elisabeth Wuysang menyebutkan, kegiatan pengembangan kapasitas perusahaan ini bekerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kalimantan Barat.

“Kegiatan ini untuk menyatukan visi bersama stakeholder PDAM Tirta Senentang. Guna mencapai kemajuan perusahaan,” kata Jane.

Menurut Jane pihaknya terbatas dalam melakukan studi keluar daerah. Peningkatan kompetensi dimaksimalkan melalui pelatihan dan pengembangan kapasitas.

“Kami minta BPKP Kalbar untuk memberikan materi kepada kami semua. Materi konsultasi berupa hal terkait regulasi hingga teknis,” paparnya.

BPKP Kalbar mengharapkan Pemkab Sintang mulai menerapkan Sistem Keuangan Desa 2.0. Berdasarkan hasil evaluasi BPKP Kalbar, PDAM Tirta Senentang selama 2 tahun terakhir sudah mendekati indeks penilaian perusahaan yang sehat. Pada akhir tahun 2019 sudah mencapai titik 0,16.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *