banner 468x60

Kelompok Usaha Bersama, Upaya Memutus Rantai Kemiskinan

  • Bagikan
Bupati Jarot Winarno melakukan panen perdana program Kelompok Usaha Bersama di Kelurahan Kapuas Kiri Hulu, Kecamatan Sintang. (Foto: Humas Sekda Sintang).

SINTANG, insidepontianak.com – Kelompok Usaha Bersama (Kube) di Kelurahan Kapuas Kiri Hulu, Kecamatan Sintang melakukan panen raya perdana. Kelompok ini beranggotakan keluarga miskin penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Camat Sintang, Anna Prihantina menyebutkan bahwa program Kube di Kecamatan Sintang menyasar 300 keluarga dari 864 Keluarga Harapan yang terdata. Program ini diinisiasi Kementerian Sosial RI melalui Dinsos Kabupaten Sintang.

Penerima bantuan dibagi dalam 30 kelompok usaha yang masing-masing beranggotakan 10 keluarga harapan. Jenis usaha yang dilakukan meliputi peternakan sapi, ayam, ikan, pertanian, toko sembako, dan berjualan kain keliling. Setiap kelompok mendapat bantuan modal Rp20 juta.

Tujuan dari program ini mengangkat derajat keluarga miskin menjadi mandiri. “Saya harap kiranya kegiatan dua tahun ini mengubah para anggota dari miskin ke mandiri. Ada keinginan dari dalam untuk melepaskan diri dari kemiskinan,” kata Anna, Kamis (19/12/19).

Anna yang juga satu-satunya Camat perempuan di Kabupaten Sintang berharap program Kube dapat dilanjutkan oleh para anggota. “Keuntungan hasil panen bisa dibelikan bibit dan pupuk.”

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan program ini dilaksanakan Kemensos untuk menyantuni keluarga miskin. “Di Sintang ada 10 ribu lebih Keluarga Harapan. Dulu istilahnya keluarga miskin.”

Menurut Jarot program Kelompok Usaha Bersama (Kube), seumpama memberi kail kepada keluarga miskin. Melalui bantuan modal dan pendampingan usaha, diharapkan keluarga binaan dapat keluar dari kemiskinan.

“Masyarakat miskin lebih sulit untuk dientaskan. Produktif itu kuncinya. Jangan hanya jual (labu) perenggi, tapi jual dodol perenggi,” kata Jarot mengibaratkan inovasi yang harus dilakukan agar usaha sukses.

Turut hadir dalam acara tersebut, Plh Kepala Dinas Sosial, Arbudin, Kepala DPMPTSP, Sudiyanto, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Lindra Azmar, serta sejumlah tamu undangan.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: