Belah Durian di Pontianak

Pontianak jadi salah satu tempat incaran para pecinta durian. Di beberapa ruas jalan Kota Pontianak, durian sangat mudah ditemukan dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau. (Foto: Kumparan)
banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Bulan Desember hingga Januari merupakan saat yang tepat untuk berburu durian. “Buah raja” ini berlimpah di banyak sentra-sentra perkebunan durian.

Pontianak jadi salah satu tempat incaran para pecinta durian. Di beberapa ruas jalan Kota Pontianak, durian sangat mudah ditemukan dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Bacaan Lainnya

Dengan luas 146.807 kilometer, Kalimantan Barat memiliki jenis varietas durian yang beragam. Hampir di 14 kabupaten atau kota di Kalbar memiliki sentra perkebunan durian alam.

Kota Pontianak sebagai ibukota provinsi menjadi pusat pasar durian. Cukup datang ke Pontianak, dapat memilih dan membeli durian dari seluruh penjuru Kalbar.

Salah satu hot spot penjualan durian ada di Jalan Teuku Umar, tepatnya di depan Pasar Kemuning. Selain mencicipi durian, ruas jalan ini juga cocok jadi tempat menikmati suasan Kota Pontianak di waktu malam.

Selain di ruas Jalan Teuku Umar, pusat penjualan durian di Kota Pontianak  juda ada di kawasan Sungai Jawi, Tanjung Raya, Jalan Imam Bonjol dan beberapa daerah lainnya.

Durian lokal Kalimantan Barat terkenal enak. Beberapa menjadi varietas ungulan daerah masing-masing. Seperti durian Balening, Jemungko Kuning, Serumbut, Slipi, dan Tembaga yang berasal dari Kabupaten Sanggau, durian Jarum Mas dari Kubu Raya dan Empakan dari Kapuas Hulu.

Di sepanjang Sungai Sekayam, Kabupaten Sanggau terkenal memiliki banyak jenis durian alam yang tergolong baik. Seorang petualang durian terkenal, Karim Aristides bahkan berani mengklaim bahwa durian Indonesia memiliki cita rasa terbaik di dunia.

Memang salah satu cara memilih durian lezat adalah dengan mengetahui asal daerahnya. Tapi ada trik lain yang bisa dilakukan dalam memilih durian terbaik berdaging tebal.

Pertama, perhatikan bentuk buah durian. Bentuk fisik durian yang bersih dan sempurna biasanya juga memiliki daging buah yang baik.

Pastikan kulit durian tidak bolong atau rusak. Jika terdapat lobang kecil pada kulit durian dan jika ditiup terdengar berongga, dipastikan buah tersebut busuk atau dimakan ulat.

Kedua, pastikan durian yang anda pilih masih segar. Ini ditandai dengan adanya lendir atau getah pada tangkai buah. Tangkai yang keriput atau kering, menunjukan durian tersebut sudah lama dipanen.

Durian yang sudah lama dipanen akan mempengaruhi rasa daging buahnya. Apalagi jika durian sudah merekah dan lama terkena udara luar, rasanya akan tawar.

Ketiga, pilih durian yang bobotnya ringan. Bobot ringan menunjukan isi durian tebal. Durian yang berat menunjukan bijinya jauh lebih besar dibandingkan daging buahnya.

Keempat, pilih dengan menguncang-guncangkan durian. Jika terdengar suara atau agak longgar di dalamnya, dipastikan isi duriannya kering dan tidak lembek.

Beberapa orang yang sudah ahli, memilih durian terbaik dengan melihat jenis durinya. Sebagian yang lain memilih dari harum baunya. Dengan mencium bau durian, mereka dapat memilih durian berkualitas baik.

Keahlian memilih durian semakin terasah tergantung kebiasaan dan kejelian masing-masing orang. Semakin sering memperhatikan dan memilih durian akan mengasah insting sesorang untuk mendapatkan buah terbaik.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *