Polisi Sebut Misa Natal di Dharmasraya Berlangsung Aman

Suasana misa Natal di Jorong Kampung Baru, Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Rabu (25/12/19). (Foto: Tempo).
banner 468x60

JAKARTA, insidepontianak.com – Perayaan Natal akhirnya bisa dilaksanakan di Jorong Kampung Baru, Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Rabu (25/12/19). Kepolisian Sektor Dharmasraya menyebut ibadah misa Natal berlangsung kondusif dan aman.

“Misa Natal di Jorong Kampung Baru, Nagari Sikabau, berlangsung dalam keadaan aman dan kondusif. Kegiatan dimulai pada jam 08.00 WIB,” kata Kapolres Dharmasraya, Ajun Komisaris Besar Imran Amir kepada Tempo.

Muat Lebih

Dari video yang diterima, nampak perayaan natal berlangsung di ruangan berukuran sekitar 20 x 6 meter. Jemaat yang hadir sekitar 40 orang, termasuk di antaranya anak-anak. Nampak mereka menyanyikan lagu sakramen bersama-sama.

Di luar, nampak beberapa orang menjaga perayaan Natal. Namun hanya nampak satu orang dengan seragam polisi lengkap.

Pemerintah daerah setempat sempat melarang pelaksanaan perayaan Natal secara terbuka. Alasannya, aturan adat setempat telah menyepakati agar ibadah dilakukan oleh umat Kristiani secara pribadi di rumah masing-masing.

Menurut Managing Director Pusaka Foundation Padang, Sudarto, misa Natal di Jorong Kampung Baru dilaksanakan di rumah Maradu Lubis, pimpinan Stasi Katolik setempat. Maradu sempat meminta izin untuk merayakan Natal dan beribadah misa di rumahnya, namun pemda setempat menolak.

“Saya dengar masih banyak yang khawatir juga. Jadi hanya berapa KK saja yang datang (beribadah hari ini). Tapi nanti saya pastikan lagi,” kata Sudarto.

Sudarto menduga perubahan sikap pemda terkait izin perayaan Natal tak terlepas dari tekanan masyarakat. Pasca ramai di media, pemerintah pusat lewat Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, mengirimkan telegram ke tiap pemda agar menjamin pelaksanaan ibadah Natal.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *