Rusen Kopi Tiam, Transformasi Bangunan Bersejarah di Singkawang

Bangunan kedai Rusen Kopi Tiam di Jalan Niaga Kota Singkawang adalah bekas Penginapan Rusen yang berdiri sejak tahun 1955.
banner 468x60

SINGKAWANG, insidepontianak.com – Pemerintah Kota Singkawang mengadakan pawai budaya untuk memeriahkan terjadinya gerhana matahari cincin. Memanfaatkan moment fenomena alam langka untuk menarik wisatawan.

Panitia acara menjadikan Kedai Rusen Kopi Tiam sebagai tempat para tamu undangan penting menonton pawai. Lokasinya tak jauh dari Vihara Tri Dharma Bumi Raya, pusat acara menyaksikan gerhana matahari cicin.

Muat Lebih

Kedai Rusen Kopi Tiam mulanya sebuah penginapan yang berdiri tahun 1955. Sejak 11 Desember 2017, bangunan Penginapan Rusen yang sempat terbengkalai, dipugar dan dijadikan kafe serta resto.

Sepanjang sejarah, jalan di depan Penginapan Rusen sering dijadikan pusat orang berkumpul. Letaknya yang strategis di pojokan Jalan Niaga, memudahkan orang yang datang dari sejumlah penjuru Kota Singkawang.

Menu favorit di kedai ini Es Nam Mong. Es Nam Mong merupakan hasil fermentasi dari jeruk kecil atau yang dikenal dengan jeruk kunci yang disimpan dalam toples selama beberapa bulan. Rasanya asam manis sedikit asin dan jika ditambah es batu semakin menyegarkan.

Bangunan Warung Rusen Kopi Tiam terdiri dari dua lantai. Lantai bawah menghadap langsung ke jalan dengan pemandangan Pekong Tua yang menjadi salah satu kawasan wisata Singkawang Heritage.

Di lantai atas tersedia tempat duduk menghadap jendela agar pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Singkawang dengan leluasa. Untuk menambah kesan kuno dan antic, pada setiap dinding terdapat foto-foto Singkawang tempo dulu.

Warung Rusen Kopi Tiam selalu ramai didatangi pengujung. Apalagi saat hari-hari perayaan keagamaan warga Tionghoa seperti Imlek dan Cap Go Meh.

Selain Es Nam Mong yang terkenal, kafe ini juga menyediakan kopi yang tak kalah nikmat. Kedai Rusen Kopi Tiam juga menawarkan beragam makanan ringan dan berat. Juaranya, ayam lada hitam.

Kedai Rusen Kopi Tiam cocok bagi pemburu kuliner yang tak hanya mencari makanan enak, namun juga suasana makan yang asik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *