Ahmad Dhani Bebas, Langsung Jalani 6 Bulan Hukuman Percobaan

Musisi Ahmad Dhani bebas dari penjara Cipinang, Senin (30/12/19). (Foto: CNNIndonesia).

JAKARTA, insidepontianak.com – Musikus Ahmad Dhani dibebaskan hari ini, Senin (30/12/19). Dia bebas setelah menjalani 11 bulan penjara untuk kasus ujaran kebencian.

Meski demikian, Dhani masih harus menjalani 6 bulan hukuman percobaan untuk kasus pelanggaran UU ITE. Hukuman percobaan tersebut harus dijalani terhitung 30 Desember 2019 hingga 29 Juni 2020.

Bacaan Lainnya

“Pidana kedua selama 6 bulan pidana percobaan yang akan diawasi Kejari Surabaya,” kata Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkum HAM, Ade Kusmanto dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (30/12/19).

Dalam kasus kedua, Dhani dinilai bersalah membuat vlog bernada menghina dengan ucapan “idiot”. Saat itu Dhani menghadiri deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya, 26 Agustus 2018.

“Pidana percobaannya tidak di lapas, tapi punya kewajiban lapor ke Kejari Surabaya,” kata Ade menjelaskan.

Ucapan menghina itu dilontarkan Dhani melalui vlog saat tertahan di lobi hotel dan tidak bisa menghadiri acara yang digelar oleh pendukung gerakan ganti presiden. Dhani, melalui vlog-nya melontarkan kata “idiot” yang ditujukan untuk pihak-pihak yang tidak setuju dengan gerakan ganti presiden.

Dhani kemudian dilaporkan oleh aktivis Koalisi Bela NKRI ke Polda Jawa Timur.
Dalam sidang, jaksa menuntut Dhani 1,5 tahun penjara pada 23 April 2019. Jaksa menjerat Ahmad Dhani dengan pasal 45 ayat 3 juncto pasal 27 ayat 3 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Dhani divonis 1 tahun oleh hakim pada 11 Juni 2019.

Dalam amar putusan, Hakim Ketua PN Surabaya memvonis Dhani terbukti bersalah, dengan sengaja tanpa hak mendistribusikan informasi elektronik yang menimbulkan penghinaan dan pencemaran nama baik.

Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Timur pada 7 November 2019 memberi keringanan hukuman dari 1 tahun menjadi 3 bulan penjara, dengan hukuman percobaan 6 bulan.

Dengan vonis itu, Ahmad Dhani hanya menjalani hukuman percobaan 6 bulan. Namun jika selama masa percobaan terpidana melakukan pelanggaran serupa, dapat langsung dipenjara 3 bulan tanpa melalui sidang.

Bebasnya Ahmad Dhani menuai banyak komentar dari para netizen. Sebagian besar memintanya menjauhi politik dan kembali fokus mencipta lagu.

“Dhani lebih baik keluar penjara balik main musik saja. Aku yakin dia penggemarnya masih banyak kalau soal musik,” tulis pemilik akun @ika_russiana.

“Ahmad Dhani besok keluar penjara, semoga jadi musisi lagi, udah enggak usah politik-politikan, mending jadi personil band legendaris Dewa 19,” tulis SiiJagoan.

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *