Kepala BNPB Pantau Banjir Jakarta Gunakan Helikopter

Kepala BNPB, Doni Monardo bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan meninjau lokasi banjir menggunakan helikopter. Banjir mengepung sejumlah wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, Rabu (1/1/20). (Foto: BNPB).

JAKARTA, insidepontianak.com – Kepala BNPB, Doni Monardo bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan meninjau lokasi banjir menggunakan helikopter. Banjir mengepung sejumlah wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, Rabu (1/1/20).

Helikopter berangkat dari helipad di Graha BNPB di Jalan Pramuka, Jakarta Timur. Kepala BNPB dan Gubernur akan meninjau lokasi banjir untuk memastikan penanganan berlangsung baik, cepat, dan tepat.

Bacaan Lainnya

Saat memimpin rapat di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, 27 Desember lalu, Doni mengingatkan agar lebih fokus pada antisipasi penanganan bencana benajir.

Kepala BNPB memerintahkan agar posko yang ada diaktifkan dan dilengkapi dapur umur, MCK, dan fasilitas kebutuhan dasar lainnya agar masyarakat bisa terlayani dengan baik.

Doni Monardo mengimbau masyarakat segera dievakuasi ke tempat aman jika tempat tinggalnya berpotensi dilanda banjir lebih besar. “Utamakan nyawa selamat terlebih dahulu daripada harta.”

Gubernur DKI menyampaikan prioritas evakuasi untuk wilayah DKI Jakarta di Kelurahan Cawang, Kayu Putih, dan Cakung.

Pada awal tahun baru 2020, banjir melanda sejumlah wilayah di Jabodetabek. BMKG memberi peringatan adanya hujan deras di seluruh wilayah Jabodetabek dan kemungkinan terjadi banjir.

Hujan mengguyur Jakarta sejak sore hingga malam hari kemarin. Berdasar data yang dikumpulkan BNPB dan BPBD dari berbagai sumber, banjir terjadi antara lain di Kecamatan Pondok Kelapa, Cipinang, Cempaka Putih, Cengkareng,  dan Kalimalang.

Banjir paling parah terjadi di Kecamatan Cipinang, Jakarta Timur yang mencapai kedalaman 2 meter. Hujan deras di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, juga menyebabkan longsor di Bojongkulur yang merobohkan 2 bangunan.

BMKG memprediksi hujan lebat masih akan terjadi dari pagi hingga malam hari di wilayah Jabodetabek. Warga diharapkan siaga dan bersiap-siap menghadapi kemungkinan banjir.

Warga diminta menyelamatkan dokumen penting dan barang-barang di tempat aman. Siapkan batrai cadangan untuk siap-siap jika terjadi pemadaman listrik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *