Ketapang Miliki 12 Desa Mandiri

Bupati Ketapang, Martin Rantan.

KETAPANG, insidepontianak.com – Kabupaten Ketapang saat ini memiliki 12 Desa Mandiri. Terjadi peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya yang tak ada sama sekali.

Upaya peningkatan status itu dilakukan salah satunya dengan berkeliling ke 60 desa selama 21 hari. Hal itu dilakukan setelah mendapat arahan dari Pemerintah Provinsi Kalbar yang bersinergi dengan TNI Polri, pada awal tahun 2019 lalu. Martin Rantan bersama jajaran Pemkab Ketapang pun berkeliling menyampaikan 21 indikator Desa Mandiri ke tiap desa.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, Puji Tuhan di penghujung tahun 2019 ini Desa Mandiri di Kabupaten Ketapang dari 0 menjadi 12 desa. Tentunya perasaan gembira, senang, karena kita bekerja sudah berhasil dan menjadi bagian komitmen kita bersama,” ujar Martin saat berkunjung ke Desa Kendawangan Kiri, Kecamatan Kendawangan, Minggu (30/12/2019).

Dari data Pemkab, Kecamatan Air Upas menjadi kecamatan yang memiliki Desa Mandiri terbanyak. Desa tersebut diantaranya Desa Air Upas, Desa Membuluh Baru, dan Desa Saribekayas.

Sementara sembilan desa lainnya menyebar. Yakni Desa Payak Kumang Kecamatan Delta Pawan, Desa Padang Kecamatan Benua Kayong, Desa Sungai Melayu Kecamatan Sei Melayu Rayak, Desa Kendawangan Kiri Kecamatan Kendawangan, Desa Nanga Tayap Kecamatan Nanga Tayap, Desa Tumbang Titi Kecamatan Tumbang Titi, Desa Sandai Kecamatan Sandai, Desa Sandai Kiri Kecamatan Sandai, dan Desa Manis Mata Kecamatan Manis Mata. (fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *