banner 468x60

Hari Ini Batas Terakhir Pendaftaran LTMPT

  • Bagikan
Sekolah dan siswa wajib mendaftar dan mempermanenkan data di portal LTMPT sebagai syarat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020. (Foto: idntimes.com).

JAKARTA, insidepontianak.com – Hari ini, Selasa (7/1/20) adalah batas terakhir pendaftaran siswa ke Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar siswa dapat mengikuti tes masuk perguruan tinggi negeri.

Sekolah dan siswa wajib mendaftar dan mempermanenkan data di portal LTMPT sebagai syarat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020.

Ketua LTMPT Mohammad Nasih mengatakan, hingga Senin (6/1/20) siang, masih banyak sekolah dan siswa yang belum menyimpan data secara permanen.

“Masih banyak (yang belum mempermanenkan data), tapi jumlah siswanya sudah melebihi pendaftar SNMPTN tahun lalu,” kata Nasih saat dihubungi Kompas.com.

Menurut Nasih, kemungkinan sekolah yang belum mendaftar adalah SMA yang tahun-tahun sebelumnya tidak ada muridnya yang diterima di SNMPTN.

Meski tercatat masih banyak sekolah dan siswa yang belum mempermanenkan data, Nasir menegaskan pihaknya tidak akan memberikan perpanjangan waktu. “Tidak ada perpanjangan karena akan berakibat mundurnya aktivitas lain,” kata Nasih. “Hari ini kita evaluasi, SMA mana saja yang belum.”

Dia mengimbau sekolah dan peserta yang hingga hari ini belum menyimpan data, untuk segera melakukan pendaftaran hingga pukul 23.59 WIB. “Terima kasih dan apresiasi bagi siswa dan sekolah yang sudah melakukan finalisasi jauh-jauh sebelum hari terakhir pendaftaran.”

Masih menurut Naseh, jumlah sekolah yang sudah mendaftarkan akun sebanyak 20.694 sekolah dengan akun aktif 19.750. Jumlah sekolah yang sudah mempermanenkan data sebanyak 10.332 sekolah.

Sedangkan jumlah siswa yang sudah mendaftar akun sebanyak 1.157.868 orang, dengan jumlah akun aktif 1.100.226. Jumlah siswa yang sudah permanenkan data sebanyak 873.269

Kebijakan SSO

Pemerintah membuat kebijakan SSO (Single Sign On) untuk sekolah yang siswanya akan mendaftar SNMPTN tahun 2020. Pemerintah mewajibkan sekolah dan siswa mempunyai akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun di portal https://portal. ltmpt.ac.id.

Terdapat dua bagian registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yakni akun sekolah dan akun siswa.

Bagi sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat melakukan login registrasi akun LTMPT dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi Sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Sementara, sekolah di bawah Kementerian Agama melakukan login registrasi di akun LTMPT dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Education Management Information System (EMIS).

Para siswa harus login akun LTMPT dengan memasukkan kombinasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir.

Siswa lulusan tahun 2020 yang akan mengikuti SNMPTN, diberikan waktu untuk registrasi akun pada 2 Desember 2019-7 Januari 2020.

Sedangkan, siswa lulusan tahun 2020 yang tidak akan mengikuti SNMPTN tapi akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dapat melakukan registrasi akun pada tanggal 7 Februari-5 April 2020, bersamaan dengan registrasi akun bagi lulusan 2018 dan 2019.

Berikut cara mendaftar akun LTMPT:

  1. Registrasi akun LTMPT wajib bagi semua calon pendaftar SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN melalui laman https://portal. ltmpt.ac.id.

Kemudian pilih atau klik akun “siswa”.

Lalu isi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir.

  1. Login dengan username atau email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id
  2. Memilih menu verifikasi dan validasi data siswa, mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru dan verifikasi biodata.

  3. Pilih menu pendafaran UTBK memilih lokasi pusat UTBK PTN, jenis ujian dan sesi ujian untuk mendapatkan slip pembayaran.
  4. Membayar di bank yang telah ditunjuk menggunakan slip pembayaran harus dilakukan paling lambat 1×24 jam.

 

 

 

 

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: