Petugas PLN Gerak Cepat Pulihkan Listrik Ketapang

  • Bagikan
Pekerja PLN lakukan perbaikan pada mesin PLTU Sukabangun yang alami trip sebagai dampak dari terjadinya gangguan pada jaringan distribusi. (Foto: PLN UP3 Ketapang).

KETAPANG, insidepontianak.com – Petugas PLN bergerak cepat melakukan normalisasi jaringan listrik, setelah listrik sempat padam di Ketapang, Senin (6/1/20) pukul 19.56 WIB.

Petugas Unit Pembangkit Tenaga Diesel Kapuas berusaha melakukan penormalan mesin PLTU Sukabangun unit 1 dan unit 2. Petugas melakukan firing selepas BO dan dapat masuk kembali pukul 00.34, kemudian beban masuk secara bertahap.

Menurut Manager PLN UP3 Ketapang, Wilfrid Siregar, investigasi terganggunya jaringan terus dilakukan sampai akhirnya sistem dapat kembali normal pada pukul 01.48 WIB.

“Penyebab gangguan pada jaringan distribusi dikarenakan ada binatang melompat ke jaringan, sehingga terjadi short circuit pada sistem kelistrikan Ketapang. Kejadian tersebut berdampak pada suplai PLTU unit 1 dan 2 mengalami lepas sinkron atau blackout,” kata Wilfrid.

Wilfrid mengatakan bahwa pihaknya berusaha semaksimal mungkin mengurangi dampak pemadaman dengan melakukan koordinasi serta mengoptimalkan mesin PLTD Sukaharja.

“Atas nama manajemen PLN UP3 Ketapang, kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelayanan yang telah kami berikan. Kami berusaha untuk terus meningkatkan mutu layanan dari waktu ke waktu,” kata Wilfrid.

Suhardi (43 tahun), warga Jalan Brigjen Katamso mengaku mendengar suara ledakan di jaringan listrik dekat Jembatan Pawan 2 yang diikuti percikan api. Ledakan terjadi sesaat sebelum listrik padam.

“Kebetulan saya melintas di dekat Jembatan Pawan 2, ada suara ledakan yang disertai percikan api, lalu listrik padam. Kami mengapresiasi kerja keras petugas PLN, meski dalam gelap malam mereka terus bekerja untuk segera memulihkan aliran listrik,” kata Suhardi.

Suhardi berharap PLN Ketapang dapat terus meningkatkan mutu layanan, serta mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan listrik. “Kami menyadari bahwa gangguan listrik bisa saja terjadi, kapan pun dan dimana pun, namun kami berharap PLN dapat terus meningkatkan mutu layanan.”

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: