banner 468x60

Presiden Saksikan Pengucapan Sumpah 2 Hakim Konstitusi

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo menyaksikan pengucapan sumpah Hakim Konstitusi. (Foto: Kantor Sekretariat Presiden).

JAKARTA, insidepontianak.com – Presiden Joko Widodo menyaksikan pengucapan sumpah Hakim Konstitusi, Daniel Yusmic Pancastaki Foekh dan Suhartoyo di Istana Negara, Selasa (7/1/20). Keduanya akan bertugas di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk periode 2020 hingga 2025 mendatang.

Pengangkatan Daniel sebagai Hakim Konstitusi didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 1/P tahun 2020, tentang Pemberhentian dengan Hormat dan Pengangkatan Hakim Konstitusi yang Diajukan oleh Presiden.

Selepas pengucapan sumpah, Daniel akan menggantikan Hakim Konstitusi, I Dewa Gede Palguna yang mengakhiri masa baktinya pada 7 Januari 2020. Sebelumnya, Palguna telah menjabat selama 2 masa jabatan.

Sementara pengangkatan Suhartoyo sebagai Hakim Konstitusi didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 141/P tahun 2019 tentang Pengangkatan Kembali Hakim Konstitusi yang Berasal dari Mahkamah Agung.

Pengangkatan tersebut menjadi periode keduanya menjabat setelah pertama kali diambil sumpahnya pada 7 Januari 2015. Suhartoyo merupakan Hakim Konstitusi yang diusulkan Mahkamah Agung dan dinilai memenuhi syarat sehingga diusulkan kembali.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: