banner 468x60

Kembangkan Produk, Dekranasda Pontianak Rutin Beri Pelatihan

  • Bagikan
Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie memberikan kata sambutan. (Humas Pemkot Pontianak)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie mengatakan dalam mengembangkan produk UMKM, pihaknya rutin menyelenggarakan pelatihan. Termasuk ikut dalam beragam promosi dan menjadi tuan rumah beberapa agenda nasional hingga internasional.

“Kegiatan tersebut dilakukan dalam bentuk promosi dan pelatihan SDM dalam upaya meningkatkan kesejahteraan pelaku kriya dan mengedukasi masyarakat untuk menumbuhkembangkan wirausaha baru,” katanya di UMKM Center, Jumat (10/1/20).

Dalam pengembangan SDM, dilakukkan pertemuan rutin dengan pelaku kriya dan usaha untuk memotivasi dan mengevaluasi produk-produk yang ditampilkan.

Selain itu, dalam pengembangan wirasusaha kriya dan melestarikan produk kriya yang memiliki kearifan lokal, dilakukan pelatihan seperti menenun, menghani yang merupakan tahap awal produksi tenun, pelatihan sulam kristik, pelatihan sulam kalengkang, pelatihan pokok telok dan hantaran pengantin.

“Termasuk workshop Eco Print yang bekerja sama dengan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura,” katanya.

Dalam promosi, untuk pertama kalinya Dekranasda Kota Pontianak melaksanakan Fashion Design Corak Insang Competition 2019 yang bekerja sama dengan IFC (Indonesia Fashion Chamber) dan Pemerintah Kota Pontianak. Untuk pertama kalinya Pemerintah Kota Pontianak dan Dekranasda Kota Pontianak mencatat Rekor Muri untuk Pagelaran Tari Jepin oleh Penari Terbanyak dan Berbusana Baju Kurung oleh Perempuan Terbanyak.

“Pencapaian yang didapat tidak serta merta membuat Dekranasda Kota Pontianak berpuas diri, masih banyak kreasi, promosi dan inovasi yang dapat dikembangkan,” katanya. (IP/06)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: