Kiat Pemkot Pontianak Kembangkan UMKM Lokal

  • Bagikan
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pemerintah Kota Pontianak terus membina pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebagai bukti, pemerintah telah menerbitkan 6.897 Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) sepanjang tahun 2019. Izin itu diperlukan selain sebagai legalitas, juga mempermudah pelaku usaha mendapatkan suntikan modal perbankan.

“Setahun dua kali kami juga memberikan pelatihan kewirausahaan dalam upaya mengembangkan wirausaha baru,” kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono kemarin.

Tidak hanya itu, tahun lalu, 335 UKM mendapat bantuan gerobak dan etalase.

Pembinaan ini bukan tanpa ganjaran. Awal Oktober 2019, Kota Pontianak meraih penghargaan Natamukti kategori Kota dari Internasional Council for Small Business (ICSB) Indonesia di Bogor. Natamukti Award merupakan apresiasi bagi daerah-daerah yang dinilai berhasil memajukan UMKM.

“Natamukti diberikan kepada kabupaten/kota yang berhasil dalam mempromosikan UMKM lokal, mendorong peningkatan kualitas produk UMKM lokal, serta membangun ekosistem UMKM di daerah masing-masing,” jelas Edi.

Apalagi kini Pontianak memiliki UMKM Center. Pusat pemasaran, edukasi dan inkubator bisnis UMKM. Bukan tanpa alasan, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia 62 persen ditopang dari UMKM.

“Di Kota Pontianak sendiri terdapat kurang lebih 28.000 UKM termasuk pedagang pasar dan PKL, hal ini menjadi potensi yang besar mengingat pada pelaku UKM tersebut dapat menyerap tenaga kerja,” katanya.

Edi berharap awal tahun 2020 jadi semangat baru peningkatan dan menumbuhkembangkan UMKM. Kini menurutnya, ada dua permasalahan penting dari UMKM. Yakni regenerasi dan pengembangan jaringan pemasaran.

“Hal ini sangatlah penting mengingat semakin berkurang tenaga ahli di kriya lokal dan tren dunia telah memasuki industri 4.0 yang mana kemampuan teknologi menjadi syarat mutlak,” sebutnya. (IP-06)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: