banner 468x60

Wakasad Ikuti Gowes Tour De Singkawang GK150K Bersama 700 Goweser

  • Bagikan
Pendam Tpr
GOWES - Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman menyerahkan bingkisan kepada warga dalam acara Gowes Berbagi dalam rangka Hari Juang TNI, Sabtu (11/1/2020). (Pendam Tpr)

SINGKAWANG, insidepontianak – Gowes Tour De Singkawang diikuti sebanyak 700 peserta, terdiri dari personel TNI-Polri dan Komunitas Sepeda di Kalbar. Bahkan kegiatan ini juga diikuti oleh Goweser dan komunitas sepeda dari luar Provinsi Kalbar.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Tatang Sulaiman, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono turut mengikuti Gowes Tour De Singkawang “G150K”. Gowes yang digelar Kodam XII/Tpr memperingati Hari Juang TNI AD, menempuh jarak sejauh 162 Km dengan rute Pontianak – Singkawang.

Pelepasan peserta dilaksanakan di pintu 2 Makodam XII/Tpr pukul 05.00 WIB oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Sutarmidji didampingi oleh Forkopimda Kalbar. Pelepasan ditandai dengan pengangkatan bendera start oleh Gubernur dan penekanan tombol sirine oleh Wakasad, Letjen TNI Tatang Sulaiman.

Dalam perjalanan ke Singkawang terdapat enam Pit Stop untuk peserta gowes melaksanakan istirahat dan memulihkan tenaga. Pit Stop-1 SDN 1 Segedong. Pit Stop-2 Kantor Bupati Mempawah. Pit Stop-3 Rumah Makan Pangsuma. Pit Stop-4 SDN 01 Sungai Raya. Pit Stop-5 kolam renang Rindam XII/Tpr. Pit Stop-6 yang merupakan finish di Kantor Walikota Singkawang. Selama perjalanan para goweser dapat menikmati pemandangan beberapa ikon Kalbar.

Menempuh waktu kurang lebih delapan jam perjalananan, Wakasad beserta peserta Gowes Tour De Singkawang berhasil mencapai garis finish di Kantor Walikota Singkawang. Keberhasilan ini tidak lepas dari adanya sambutan yang sangat antusias dan luar biasa dari masyarakat di sepanjang perjalanan. Tentunya hal ini menambah semangat dan motivasi peserta, untuk terus mengayuh sepedanya hingga finish.

Sekitar pukul 13.17 Wib, Wakasad dan seluruh peserta tiba dengan aman dan selamat di kota tertoleran se-Indonesia, dan langsung disambut oleh Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie bersama Forkopimda. Wakasad, Pangdam dan Kapolda menerima pengalungan medal finisher oleh Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie.

Tiba di Kota Seribu Kelenteng julukan bagi Kota Singkawang, para peserta juga dihibur oleh tarian tradisional Lenggok Singkawang, Barongshai serta tarian kolosal dari para personel Brigif-19/Khatulistiwa.

Wakasad, Letjen TNI Tatang Sulaiman saat memberikan sambutan menyampaikan, hari ini peserta gowes sudah mencatatkan prestasi yang luar biasa, yaitu bersepeda dengan jarak tempuh 162 Km. Menurutnya, hal tersebut merupakan berkah dari Allah SWT.

“Awalnya juga saya ragu sampai atau tidak ya, tapi hari ini kita banyak sekali berkah,” kata Tatang.

Berkah pertama, tentunya berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Selama perjalanan, cuaca agak mendung dan tak banyak terlihat sinar matahari. “Ini yang membuat kita bisa sampai di Singkawang dalam keadaan segar dan bugar,” ujar Wakasad.

Wakasad mengucapkan terimakasih kepada jajaran Pemerintah Provinsi Kalbar dan Pemkab/Pemkot dan kota yang dilalui Tour De Singkawang, serta masyarakat yang telah melaksanakan penyambutan di sepanjang jalan yang dilewati.

“Kita ucapkan terima kasih juga kepada Pangdam XII/Tpr dan Kapolda Kalbar. Ini olahraga yang santai dengan 6 kali pemberhentian. Yang penting 162 Km kita bisa selesaikan dengan sehat dan bugar, inilah keberhasilannya,” ucapnya.

Letjen TNI Tatang Sulaiman mengapresiasi kepada semua peserta Tour De Singkawang yang selama dalam perjalanan juga dalam keadaan disiplin. Semua dalam keadaan rapi dua baris, tidak ada susul menyusul sehingga peserta bisa sampai ke titik finish.

Di dalam perjalanan peserta disuguhkan medan yang bagus jalannya dan relatif rata serta licin sehingga tidak terasa capek. Acara gowes seakan-akan gowes di Hongkong atau di Malaka, Malaysia.

Wakasad mengucapkan rerima kasih karena bisa menikmati Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang, Mempawah dan Kota Pontianak dengan sukacita.

Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie menyampaikan, hadirnya rombongan gowes yang dipimpin Wakasad diharapkan dapat menjadi atmosfir bagi masyarakat, untuk rajin berolahraga guna menjaga kebugaran atau kesehatan.

“Saya mengucapkan dengan hormat selamat Hari Juang TNI AD ke-74, semoga dengan peringatan Hari Juang TNI AD selalu memperkokoh persatuan dan kesatuan, serta silaturahmi kita sebagai insan yang berbangsa dan bernegara,” tutur Walikota Singkawang.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan saling tukar cinderamata antara Wakasad dengan Walikota Singkawang. Selain itu, Wakasad menuliskan kesan dan pesan bagi pecinta olahraga di Kalbar. Selanjutnya, Wakasad bersama Pangdam dan Kapolda melaksanakan penanaman bibit pohon tabebuya di halaman Kantor Walikota Singkawang. (ril/Tpr)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: