Lantamal XII Gagalkan Penyeludupan Satwa Dilindungi di Sungai Kapuas

Kota Pontianak
PENYELUNDUPAN - Jajaran Lantamal XII Pontianak berhasil menggagalkan penyelundupan satwa di lindungi di perairan Sungai Kapuas, Rabu (15/1/2020). (Foto Andi R/Insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Lantamal XII Pontianak menggagalkan upaya penyeludupan satwa dilindungi dari perairan di  Sungai Kapuas, Rabu (15/1/2020) pagi.

Satwa ini terdiri dari anjing Chihuahua, anjing Siberian Husky, anak Kangguru Abu-Abu, burung Nuri Hitam, Nuri Hijau, Kakaktua Jambul Oranye, Kadal Blur Tongue. Hewan-hewan ini diseludupkan dari Jakarta ke Pontianak, dengan Kapal KM Bahari 11 milik PT Lintas Bahari Nusantara yang dinahkodai NS dan 14 anak buah kapal.

Bacaan Lainnya

Danlantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi mengatakan, pengungkapan tersebut berawal dari penyelidikan tim Satlak Intelejen tentang adanya penyeludupan satwa ilegal. Berbekal informasi itulah, pihaknya kemudian melakukan pemeriksaan terhadap KM Bahari 11.

“Setelah diperiksa dokumen kapal dan dokumen anak buahnya lengkap. Namun kami menemukan muatan berupa hewan satwa yang dilindungi tanpa dokumen,” katanya dalam rilis pers, Rabu (15/1/2020) sore.

Selanjutnya, satwa dan 14 anak buah kapal diamankan di dermaga Lantamal XII Pontianak guna penyelidikan lebih lanjut.

“Setelah ini satwa-satwa yang dilindungi akan kami serahkan kepada pihak berwenang, yakni BKSDA,” tegasnya. (IP-06)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *