Zarin Harap Penyertaan Modal Tingkatkan Kinerja BUMD Pontianak

Wakil Ketua DPRD Pontianak, FIrdaus Zarin

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wakil Ketua DPRD Pontianak, Firdaus Zarin berharap rencana penyertaan modal ke PDAM Tirta Khatulistiwa dan Bank Pasar dapat meningkatkan kinerja kedua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu. Sebagaimana diketahui, Pemkot Pontianak tengah mengajukan lima raperda ke DPRD. Salah satunya soal penyertaan modal.

“Ini nanti akan dibahas Badan Pembentukan Peraturan Daerah. Kemudian (Jumat, 17/1/2020) besok fraksi akan menyampaikan pemandangan umumnya berkaitan dengan lima raperda ini,” katanya usai paripurna di DPRD Pontianak, Kamis (16/1/2020).

Bacaan Lainnya

“Kami berharap setelah penyertaan modal terlaksana, dua BUMD ini bisa meningkatkan kinerja dalam pelayanan kepada masyarakat,” sambungnya.

Sejauh ini, Ketua DPC Nasdem Kota Pontianak ini melihat, kinerja PDAM makin baik. Di Kalbar, boleh dibilang perusahaan air satu  ini yang moncer. Namun dia mengingat agar PDAM tak hanya fokus pada kuantitas, tapi juga kualitas.

“Kalau ada keluhan dari masyarakat soal kualitas air misalnya, kami berharap cepat ditangani,” katanya.

Sementara untuk Bank Pasar, dia berharap penyertaan modal bisa membantu UMKM mengakses bantuan bahan bakar usahanya. Dengan demikian, mereka bisa naik kelas.

“Mungkin kalau untuk mencontohkan, PNS Pemkot bisa juga pinjam di Bank Pasar, justru yang saya lihat banyak pinjam di bank lain. Padahal ini kan bank Pemkot Pontianak,” katanya.

Dia pun berharap ke depan penyertaan modal bisa diperbesar. Harapannya, masyarakat kota mendapatkan manfaat langsung.

Kelima raperda yang diusulkan Pemkot Pontianak adalah Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Khatulistiwa Pontianak; Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa; Pajak Daerah Kota Pontianak; Penyertaan modal Pemkot Pontianak pada Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa dalam rangka Program Hibah Air Minum Perkotaan Tahun Anggaran 2020, dan kegiatan peningkatan akses air minum, dan; penambahan penyertaan modal Pemkot Pontianak pada Perumda BPR Khatulistiwa Pontianak Tahun Anggaran 2020. (IP-06)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *