Keuskupan Sanggau akan Resmikan Tiga Gereja Baru

  • Bagikan
FOTO BERSAMA - Tamu undangan berfoto bersama usai peresmian Gereja Katolik Santa Clara di Dusun Entai II, Desa Entakai, Kecamatan Kapuas, Minggu (19/1/2020),

SANGGAU, insidepontianak.com – Usai Gereja Katolik Santa Clara di Dusun Entai II, Desa Entakai, Kecamatan Kapuas, Minggu (19/1/2020), Keuskupan Sanggau akan kembali meresmikan tiga gereja baru. Di antaranya Gereja Majau Tengah, Gereja Enjaber, dan Gereja Kopuk I.

Pastor Paroki Katedral Keuskupan Sanggau, Albert Yance, Pr mengatakan jika dibandingkan dengan kabupaten lain, maka pembangunan gereja di Sanggau termasuk murah. Pasalnya, banyak swadaya masyarakat dalam bentuk tenaga.

Selain tiga gereja yang baru akan diresmikan mendatang, ada pula yang masih dalam proses pembangunan. Yakni Gereja Selampung dan Gereja Sompu. Tahun ini juga akan dimulai pengerjaan Gereja Kopuk II, Gereja Ribau dan Gereja Sungai Kunang.

“Ada tiga syarat jika masyarakat atau umat ingin mengusulkan pembangunan gereja kepada Paroki,” jelasnya.

Syarat itu, setiap hari minggu umat ramai yang sembayang, swadaya umat dikumpulkan dalam bentuk material maupun tenaga, dan terakhir, semangat iman umat dan kekompakan.

“Jika ketiga hal tersebut terpenuhi maka datanglah kepada Pastor Paroki dan mari kita bangun secara bersama,” ajaknya.

Uskup Sanggau Mgr. Giulio Mencuccini mengatakan gereja Katolik Santa Clara di Dusun Entai II merupakan gereja ke 901 yang diberkatinya semenjak menjadi Uskup Sanggau. Gereja menurutnya, dibangun atas dasar iman dan bukti cinta umat kepada Allah penciptanya.

“Oleh karena itu berkumpulah dan berdoalah maka Tuhan hadir,” tutupnya.

Gereja Katolik Santa Clara di Dusun Entai II, Desa Entakai, Kecamatan Kapuas, diresmikan Bupati Sanggau, Paolus Hadi, Minggu (19/1/2020). Peresmian gereja merupakan salah satu bentuk pembinaan umat beragama di Sanggau. Tujuannya, mewujudkan Sanggau Budiman (Berbudaya dan Beriman). (IP-06)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: