banner 468x60

Melihat Persiapan Atraksi Naga: Proses Pembuatan dan Latihan Khusus

  • Bagikan
RANGKAI - Para pemuda merangkai kain menutupi kerangka naga Pemadan Kebakaran Panca Bhakti Pontianak, Sabtu (18/1/2020). (Foto: Andi)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Satu setengah bulan sudah, para pemuda membuat replika naga dari Pemadam Kebakaran Panca Bhakti Pontianak. Panjangnya 68 meter. Bayangkan sendiri bagaimana ribetnya.

Namun, pengerjaan replika naga tersebut akhirnya selesai kemarin. Usai menyelesaikan tahap terakhir yakni menempel kain-kain ke kerangka naga, yang membentuk badan.

“Tahap awal adalah pembuatan kerangka naga, dan terakhir pemasangan kain,” kata satu di antara pembuat naga, Edwin, Senin (20/1/2020).

Replika naga Panca Bhakti tersebut disiapkan untuk memeriahkan Festival Cap Go Meh 2020 di Kota Pontianak. Sesuai jadwal, pertunjukan akan dimulai 6-9 Februari mendatang.

Setiap tahunnya, replika naga Pemadam Kebakaran Panca Bhakti selalu dibuat dengan panjang 68 meter.

“Tahun lalu sama tahun ini sama panjangnya. Tidak tahu alasannya, mungkin pendahulu punya makna tersendiri dengan angka 68,” ungkapnya.

Replika naga tersebut, nantinya akan dimainkan 110 pemain yang sudah berlatih khusus. Orangnya tak sembarangan. Mereka dipilih berdasarkan sistem seleksi.

“Tahapannya itu dimulai sejak pendaftaran pemain secara online, yang dibuka pada November lalu,” kata Ketua Panitia Naga Pemadam Kebakaran Panca Bhakti Pontianak, Agung Budi Presetia.

Ada beberapa kriteria yang disyaratkan. Mulai dari postur tubuh, hingga tinggi badan. Di samping itu, prioritas pemain yang dipilih panitia adalah pemain lama, dan memiliki tinggi badan 165 sentimeter ke atas.

Setelah terpilih, barulah mereka dilatih oleh panitia.

“Kalau dalam latihan dia tidak datang tanpa keterangan, kami coret namanya dan diganti pemain baru,” tegasnya.

Dalam pertunjukan, semua pemain memiliki peran masing-masing yang saling berkaitan. Mereka memang terbagi dalam beberapa bagian. Untuk pemain bagian kepala, berjumlah delapan orang, ruas kedua empat orang, ruas sembilan dan sepuluh berjumlah empat orang, ruas 18 lima orang, bola naga empat orang, dan ekor berjumlah lima orang. Sementara pada sisi ruas lain yang tidak disebut, jumlahnya masing-masing tiga pemain.

Para pemain berjumlah lebih dari tiga setiap ruas, mempunyai peranan penting ketika sedang beraksi. Tugas mereka lebih berat dibanding pemain naga di ruas-ruas lainya. Sementara, formasi naga sendiri akan mengikuti ke mana bola naga bergerak.

Untuk saat ini, panitia telah mengakhiri proses latihan. Tahap selanjutnya tinggal mengikuti jadwal main. Sesuai rencana, 6 Februari mendatang  akan digelar ritual buka mata naga. Sementara pertunjukan akan dimulai sejak 6-9 Februari.

Sedangkan puncak perayaan Cap Go Meh jatuh pada tanggal 8 Februari 2020. Di tanggal 9 Februari, digelar ritual tutup mata dan pembakaran replika naga. (IP-06)

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: