banner 468x60

Alumni FKIP Untan, Juan Armiandi Keliling Dunia Berkat Kledi

  • Bagikan
MAINKAN - Juan Armiandi saat memainkan kledi di hadapan Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono kemarin.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Alumni Program Studi Seni, Tari dan Musik FKIP Untan, Juan Arminandi bakal keliling dunia berkat kepiawaiannya bermain kledi. Dia bakal ikut residensi ke Berlin, Jerman dan diundang bermain ke Belanda, Polandia dan Perancis.

Kledi merupakan alat musik berbahan dasar bambu dan labu air.

Di Berlin, dia akan ikut residensi bersama 22 musisi eksperimental dari berbagai belahan dunia. Mereka akan saling berbagi dan berkolaborasi dalam acara CTM Festival. Satu di antara festival musik dan seni terkenal di Jerman.

Residensinya di Berlin bermula dari pembukaan pendaftaran CTM Festival. Para musisi eksperimental dipersilakan mendaftarkan diri. Juan pun tak menyiakan kesempatan itu. Walau berharap, dia tak menyangka bisa terpilih.

“Semoga dukungan yang diberikan semua mampu menghidupkan seni agar tetap tumbuh dan berkembang di Kalbar dan mampu bersaing di tingkat internasional,” katanya usai bertemu Wali Kota Edi Kamtono kemarin.

Juan pun berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan perhatian besar, termasuk di antaranya Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. Dia berjanji memberikan penampilan terbaik.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Pak Wali Kota yang sudah memberikan dukungan dan motivasinya kepada saya untuk mengikuti residensi di Jerman,” ucapnya.

Wali Kota Pontinak, Edi Rusdi Kamtono pun bangga. Juan dinilainya mampu memikat negara asing hingga terpilih sebagai satu-satunya peserta yang mewakili Indonesia dari 22 peserta seluruh dunia. Apa yang dilakukan Juan, adalah satu cara mengharumkan nama daerah dan negara di mata dunia.

“Eksistensinya di bidang musik tradisional ternyata diakui dunia luar sehingga berkesempatan menampilkan alat musik yang unik dan khas lokal ini,” sebutnya.

Kreativitas Juan diharapkannya mampu mempromosikan alat-alat musik tradisional tersebut di mancanegara. Sebab, tak banyak orang yang mendapat kesempatan seperti yang dicapai Juan saat ini.

“Suara yang dihasilkan alat musik kledi ini unik dan alami serta memperluas khazanah musik di mancanegara terutama musik tradisional,” katanya.

Wali Kota berpesan kepada Juan agar selama berada di Eropa, mampu tampil maksimal. Dia juga berharap Juan menyerap pengetahuan musik dari negara-negara yang dikunjunginya.

“Kami akan dukung dan fasilitasi apa pun hasil karya dan kreativitas anak muda di Kota Pontianak. Kami juga akan berikan support untuk Juan berangkat ke Jerman,” katanya. (IP-06)

 

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: