banner 468x60

Jarot: Jadi Camat Sesulit Bupati

  • Bagikan
SERTIJAB - Bupati Sintang, Jarot Winarno saat melakukan sertijab Camat Tempunak, Kamis (23/1/2020). (HUMAS SINTANG)

SINTANG, insidepontianak.com – Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan menjadi camat sesulit bupati. Sama juga seperti jadi kepala desa. Sebagai pemimpin, yang bersangkutan harus bisa jadi tempat semua orang berteduh, tempat yang kuat untuk orang bersandar, dan layaknya ranting yang kuat untuk orang bergantung.

“Banyak hal yang mesti diurus. Misal seperti ada musibah, kadang-kadang pun ada yang mau bercerai itu datang ke bupati. Pasti berat,” kata Jarot usai serah terima jabatan dan ramah tamah Camat Tempunak dari Paulinus ke Kiyang, di Gedung Serbaguna, Kecamatan Tempunak, Sintang, Kalbar, Rabu (22/1/2020) pagi.

Dia menjelaskan, camat mendapat kewenangan delegatif yang pemerintah kabupaten limpahkan kepada camat untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan umum. Ada juga kewenangan atributif yang melekat pada camat itu sendiri.

“Semuanya adalah penyelenggaraan pemerintahan umum, kemudian pembinaan, pengawasan, pemberdayaan masyarakat. Lalu ada juga untuk mengatasi masalah konflik dan sebagainya,” terang Jarot.

Jarot pun meminta camat baru menciptakan pemerintahan yang terbuka. Pemimpin harus mudah dihubungi, berkomunikasi, dan ikut mencari solusi.

“Jadi kami mohon kita di Tempunak ini terbuka. Terlebih kita ini menuju open goverment. Kalau orang kritik itu biasalah. Kalau Forkopimcam kompak, seluruhnya di Tempunak kompak, kemudian dapat dukungan dari anggota dewan, Tempunak ini pasti maju,” kata Jarot.

Camat Tempunak, Kiyang mengatakan merupakan momen bersejarah bagi Kecamatan Tempunak, secara khusus juga bagi dirinya pribadi. Pasalnya, dia tidak menyangka diberikan amanah pembangunan demokrasi melalui birokrasi.

“Pesan singkat saya, birokrasi tak tergantung kepada siapa menjadi pemimpin, tapi birokrasi harus berkesinambungan atau berjalan terus-menerus,” ungkap Kiyang. (IP-06)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: