Begini Alur Penanganan Corona di PLBN Entikong

Petugas di PLBN Entikong saat memeriksa para pelintas. Pengawasan diperketat menyusul adanya ancaman corona. (Dok, KKP Kelas II Pontianak)
banner 468x60

ENTIKONG, insidepontianak.com- Meski belum ditemukan pelintas yang terindikasi virus corona, namun pengawasan ketat terus dilakukan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong.

Dokter Umum Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak, Wilayah Kerja PLBN Entikong, dr Gilda Ditya Asmara mengatakan, sampai saat ini gejala spesifik virus corona belum ada. Hanya saja, gejala umum seperti demam, batuk, pilek dan sesak nafas.

Bacaan Lainnya

Gilda merunut alur penanganan bagi pelintas jika terindikasi virus corona. Pertama, pelintas yang mengalami gejala tersebut diharapkan segara menghubungi fasilitas kesehatan terdekat membawa kartu kewaspadaan.

“Tahap awal mereka yang terindikasi dilakukan pemeriksaan di ruang karantina, untuk dilihat gejala dan riwayat perjalanannya,” ungkapnya.

Kemudian, apabila dari hasil pemeriksaan ada indikasi kuat ke arah corona, maka mareka akan langsung dirujuk ke RSUD Soedarso Pontianak untuk dilakukan isolasi.

“Tentunya kami akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dulu sebelumnya. Baik dari rumah sakit maupun dinas terkait,” pungkasnya. (IP-06)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *