Menanam Pohon Menghijaukan Kawasan Kampung Wisata Caping

Kota Pontianak
MENANAM - Sukarelawan, mahasiswa dan warga menanam pohon untuk menghijaukan lingkungan di Kampung Mendawai, Pontianak Tenggara, Minggu (26/1/2020) (Foto Ide Kalimantan)
banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sukarelawan di Pontianak melakukan Aksi Menghijaukan Kampung Wisata Caping, Minggu (26/1/2020). Kegiatan itu diinisiasi oleh Akademi Ide Kalimantan, didukung oleh Gerakan Senyum Kapuas dan AIESEC UNTAN serta  warga.

Kegiatan berlokasi di Kampung Mendawai, Kelurahan Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Ada banyak jenis pohon buah ditanam, satu diantaranya adalah pohon lengkeng. Pohon ada yang langsung ditanam, atau diserahkan ke warga untuk mereka tanam sendiri.

Bacaan Lainnya

“Kami akan terus bergerak, agar semakin bertambah kawasan-kawasan yang Betah Estetik alias BEsih – tertaTA rapi – Hijau/Asri dan ber-Estetika di Kota Pontianak, salah satunya di Mendawai,“ kata Beny Than Heri selaku Koordinator Program kampung Kreatif Mendawai.

Mahasiswa Malaysia bernama Jing Ting yang sedang studi banding di Kota Pontianak, juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Saya senang mengikuti acara ini, karena bisa turut andil dalam pelestarian alam,” kata Jing Ting setelah menanam satu pohon di halaman Gang Hajah Rahmah.

Kegiatan penghijauan Kampung Mendawai tetap akan terus dilakukan, hingga kawasan kampung di tepian sungai terpanjang di Indonesia ini, benar-benar bisa asri.

Tidak hanya dengan pohon, penghijauan juga akan dilakukan dengan tnaaman hias dan toga. Pada lokasi yang tidak bisa ditanam di tanah karena terndampak air Sungai Kapuas, maka penghijauan akan menggunakan pot-pot sesuai ukuran.

“Mari kita terus menanam pohon. Karena pohon bisa memberi banyak manfaat. Satu pohon yang kita tanam, maka bisa memberikan oksigen untuk dua orang,” kata Beny. (aik/IP)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *